Bangun Transportasi Trem, Menhub Apresiasi Pemkot Surabaya

Selasa, 10 April 2018 - 15:31 WIB
Bangun Transportasi Trem, Menhub Apresiasi Pemkot Surabaya
Bangun Transportasi Trem, Menhub Apresiasi Pemkot Surabaya
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang tengah berencana membangun transportasi trem. Pasalnya Ia mengakui, cukup sulit untuk mewujudkan transportasi trem di Jakarta.

(Baca Juga: MRT Diuji Coba Perdana Agustus, Menhub Ingin Beroperasi di 2019
Sambung dia menerangkan, alasannya kenapa membangun trem tidak mudah karena membutuhkan banyak jalur yang harus direncanakan dengan matang. "Asyik juga sih ada seperti itu. Tapi saya belum pasti, soalnya banyak crossing-crossing," ujar Menhub Budi Karya di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Ia juga menambahkan, bahwa pemerintah menyambut positif mengenai ide Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang ingin mewujudkan transportasi trem sebagai upaya memperbaiki sektor transportasi. Jenis transportasi trem diyakini cocok dengan wilayah Surabaya dan dapat mengurangi kemacetan.

"Di sisi ada DPRD yang mana ide tersebut datang dari Bu Risma untuk jadi alat solusi transportasi. Saya tidak ingin pesimis, apakah hal itu (trem) bakal efektif, tetapi membayangkan Surabaya miliki transportasi trem akan indak sekali," tukasnya.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Menhub) sepakat untuk memfinalkan pembangunan transportasi trem di Surabaya akan segera mengumpulkan para ahli dari Indonesia. Selain itu, Menhub juga juga akan memberikan kepastian dan jaminan soal legalitas serta finansial, mengingat besarnya investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan transportasi seperti trem.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7927 seconds (0.1#10.140)