Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:03 WIB
loading...
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari
Banyak negara mencari alternatif sumber energi yang ramah lingkungan, salah satunya energi matahari atau tenaga surya. Pembangkit ini diklaim sangat ramah lingkungan dan aman untuk mencegah pemanasan global. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarma
A A A
MASALAH lingkungan seperti emisi beracun dan perubahan iklim telah menjadi perhatian utama dunia dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini banyak negara mulai mencari alternatif sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan, salah satunya dari energi matahari atau tenaga surya. (Baca juga: Sumber Energi Terbaru Hilangkan Efek Rumah Kaca)

Pembangkit listrik tenaga surya diklaim sangat ramah lingkungan dan aman untuk mencegah pemanasan global. Berikut 10 pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. (Baca juga: Perubahan Iklim Cairkan Gletser Bhutan, 'Tsunami di Langit' Bisa Kapan Saja)

1. Tengger Desert Solar Park
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 1.547 megawatt
Lokasi : China
Selesai Dibangun : 2017
Pemilik : Pemerintah China

Tenaga Surya 1547 MW yang berada di Zhongwei, Ningxia China ini merupakan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Pembangkit surya ini juga dikenal sebagai "Tembok Besar Tenaga Surya" ("Great Wall of Solar"). Berlokasi di Gurun Tengger, gurun yang gersang seluas 36.700 km menjadikan lokasi ini sangat cocok dijadikan sumber tenaga surya terbaik. (Baca juga: China Buat Bangunan Baru Misterius di Laut Cina Selatan)

2. Kurnool Ultra Mega Solar Park
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 1.000 megawatt
Lokasi : India
Selesai Dibangun : 2017
Pemilik : Andhra Pradesh Solar Power Corporation Private Limited (APSPCL)

Pembangkit listrik tenaga surya Ultra Mega Kurnool menempati lahan seluas 5.932 hektare. Beroperasinya pembangkit listrik ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik hampir seluruh wilayah distrik Kurnool. Pemilik pembangkit ini yakni Andhra Pradesh merencanakan menambah kapasitas energi pembangkit surya ini menjadi 2.750 megawatt. (Baca juga: Bill Gates Sebut Ada yang Lebih Parah dari Bencana COVID-19, Apa Itu?)

3. Longyangxia Dam Solar Park
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 850 megawatt

Lokasi : China
Selesai Dibangun : 2015
Pemilik : Huanghe Hydropower Development

Berlokasi di atas dataran Tinggi Tibet di China, Taman Solar Dam Longyangxia memiliki luas hampir sebesar wilayah MacauPembangkit listrik tenaga surya ini terintegrasi dengan pembangkit listrik tenaga air dari bendungan Longyangxia, yang memanfaatkan perairan Sungai Kuning China. (Baca juga: Panel Surya Atap Jadi Solusi Ketahanan Energi Negara Khatulistiwa)

4. Villanueva PV Plant
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 828 megawatt

Lokasi : Meksiko
Selesai Dibangun : 2018
Pemilik : Enel Green Power Mexico

Villanueva PV Plant adalah pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di Meksiko yang sedang dikerjakan oleh perusahaan Enel Green Power. Villanueva sudah terdiri dari 2,5 juta panel surya dengan output energy proyek yang sihasilkan sebesar 327 megawat dengan fase kedua pengembangan pembangkit tenaga surya Villanueva 3.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)