Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:03 WIB
loading...
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari
Banyak negara mencari alternatif sumber energi yang ramah lingkungan, salah satunya energi matahari atau tenaga surya. Pembangkit ini diklaim sangat ramah lingkungan dan aman untuk mencegah pemanasan global. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarma
A A A
MASALAH lingkungan seperti emisi beracun dan perubahan iklim telah menjadi perhatian utama dunia dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini banyak negara mulai mencari alternatif sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan, salah satunya dari energi matahari atau tenaga surya. (Baca juga: Sumber Energi Terbaru Hilangkan Efek Rumah Kaca)

Pembangkit listrik tenaga surya diklaim sangat ramah lingkungan dan aman untuk mencegah pemanasan global. Berikut 10 pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. (Baca juga: Perubahan Iklim Cairkan Gletser Bhutan, 'Tsunami di Langit' Bisa Kapan Saja)

1. Tengger Desert Solar Park
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 1.547 megawatt
Lokasi : China
Selesai Dibangun : 2017
Pemilik : Pemerintah China

Tenaga Surya 1547 MW yang berada di Zhongwei, Ningxia China ini merupakan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Pembangkit surya ini juga dikenal sebagai "Tembok Besar Tenaga Surya" ("Great Wall of Solar"). Berlokasi di Gurun Tengger, gurun yang gersang seluas 36.700 km menjadikan lokasi ini sangat cocok dijadikan sumber tenaga surya terbaik. (Baca juga: China Buat Bangunan Baru Misterius di Laut Cina Selatan)

2. Kurnool Ultra Mega Solar Park
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 1.000 megawatt
Lokasi : India
Selesai Dibangun : 2017
Pemilik : Andhra Pradesh Solar Power Corporation Private Limited (APSPCL)

Pembangkit listrik tenaga surya Ultra Mega Kurnool menempati lahan seluas 5.932 hektare. Beroperasinya pembangkit listrik ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik hampir seluruh wilayah distrik Kurnool. Pemilik pembangkit ini yakni Andhra Pradesh merencanakan menambah kapasitas energi pembangkit surya ini menjadi 2.750 megawatt. (Baca juga: Bill Gates Sebut Ada yang Lebih Parah dari Bencana COVID-19, Apa Itu?)

3. Longyangxia Dam Solar Park
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 850 megawatt

Lokasi : China
Selesai Dibangun : 2015
Pemilik : Huanghe Hydropower Development

Berlokasi di atas dataran Tinggi Tibet di China, Taman Solar Dam Longyangxia memiliki luas hampir sebesar wilayah MacauPembangkit listrik tenaga surya ini terintegrasi dengan pembangkit listrik tenaga air dari bendungan Longyangxia, yang memanfaatkan perairan Sungai Kuning China. (Baca juga: Panel Surya Atap Jadi Solusi Ketahanan Energi Negara Khatulistiwa)

4. Villanueva PV Plant
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 828 megawatt

Lokasi : Meksiko
Selesai Dibangun : 2018
Pemilik : Enel Green Power Mexico

Villanueva PV Plant adalah pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di Meksiko yang sedang dikerjakan oleh perusahaan Enel Green Power. Villanueva sudah terdiri dari 2,5 juta panel surya dengan output energy proyek yang sihasilkan sebesar 327 megawat dengan fase kedua pengembangan pembangkit tenaga surya Villanueva 3.

Total energi yang dihasilkan mencapai 828 megawat. Enel Green Power menginvestasikan lebih dari USD65 juta untuk membangun Villanueva dan mampu mengurangi emisi karbon dioksida sebanyak 780.000 ton. (Baca juga: Lapisan Es Kian Menipis, Suhu di Antartika Naik 1,8 Derajat Celsius)

5. Kamuthi Solar Power Project
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 648 megawatt

Lokasi : India
Selesai Dibangun : 2016
Pemilik : Adani Power

Proyek Tenaga Surya Kamuthi menggunakan 2,5 juta modul surya dan 380.000 yayasan. Menyediakan tenaga bersih yang cukup mensuplai 150.000 rumah, proyek Kamuthi diharapkan bisa mengurangi kadar polusi di India yang dalam beberapa tahun terakhir cukup tinggi.

6. Ouarzazate Solar Power Station (Noor Complex Solar Power Plant)
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 580 megawatt

Lokasi : Maroko
Selesai Dibangun : 2018
Pemilik : Moroccan Agency For Solar Energy

Juga dikenal sebagai Noor Power Station, pembangkit listrik tenaga surya ini berada di area seluas 6.178 hektare dan diperkirakan menelan biaya pembangunan sekitar USD9 miliar. Fase pertama dari proyek ini, Noor I CSP membuka jalan bagi daya berkelanjutan ketika terhubung ke jaringan listrik Maroko pada tahun 2016. Fase II selesai pada 2018 dan dua fase lagi direncanakan untuk masa depan. (LIhar grafis: Inilah Arti dan Makna Logo 75 Kemerdekaan RI)

7. Solar Star Projects
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 579 megawatt

Lokasi : California, Amerika Serikat (AS)
Selesai Dibangun : 2015
Pemilik : BHE Renewables

Dipertahankan dan dioperasikan oleh SunPower Services, Solar Star membentang di lahan seluas lebih dari 3.200 hektare dan merupakan proyek tenaga surya terbesar di dunia saat pertama kali selesai. Hanya dalam 3 tahun konstruksi, proyek Solar Star menghasilkan 650 pekerjaan konstruksi, di samping 40 operasi dan pekerjaan pemeliharaan.

Pembangkit ini menggunakan 1,7 juta panel surya dan mampu mengaliri listrik ke 255.000 rumah. (Baca juga: Dubai Bangun Panel Surya Terbesar Berlokasi di Gurun Pasir)

8. Ivanpah Solar Power Facility
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 392 megawatt

Lokasi : California, AS
Selesai Dibangun : 2014
Pemilik : NRG Energy, BrightSource Energy dan Google

Pembangkit listrik tenaga surya Ivanpah berada di area seluas 3.500 hektare di Gurun Mojave dan menghasilkan daya yang cukup untuk mengaliri listrik ke 140.000 rumah. (Baca juga: Ternyata Partikel Kecil Plastik Bisa Pengaruhi Pemanasan Global)

9. Agua Caliente Solar Project
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 290 megawatt

Lokasi : Arizona, AS
Selesai Dibangun : 2014
Pemilik : First Solar

Meliputi 2.400 hektare tanah, pembangkit listrik tenaga surya besar ini dimiliki oleh NRG Energy dan BHE Renewables serta dikembangkan oleh First Solar. Proyek Agua Caliente menggunakan tenaga surya untuk mencegah emisi sekitar 324.000 ton karbon dioksida ke atmosfer bumi. (LIhat foto: Musim Panas Berlanjut, Ladang Gandum di Prancis Terbakar)

10. Setouchi Kirei Mega Solar Power Plant
Menangkap Cahaya Mentari demi Bumi nan Lestari

Output Daya : 235 megawatt

Lokasi : Jepang
Selesai Dibangun : 2018
Pemilik : Setouchi Future Creations LLC

Terletak di Prefektur Okayama di Jepang, kota Setouchi adalah rumah bagi salah satu pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Pembangkit Setouchi Kirei Mega Solar Power Plant memiliki sekitar 900.000 panel surya. Pembangkit ini menggunakan panel PV yang terdiri dari sel fotovoltaik untuk mengubah dan meningkatkan tenaga surya menjadi listrik yang dapat digunakan dengan teknologi tercanggih.

Sumber: www.largest.org

Dua tipe panel surya
1. Photoboltaic (PV)
Panel yang mengubah tenaga matahari menjadi listrik
2. Termal
Menggunakan sinar matahari untuk memanaskan bagian dalam rumah atau bangunan komersial dan memanaskan air
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)