alexametrics

Wawancara President Director PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta

Semua Orang adalah Pemimpin

loading...
Semua Orang adalah Pemimpin
President Director PT Tata Motors Indonesia Biswadev Sengupta. FOTO/KORAN SINDO
A+ A-
PASAR kendaraan komersial diproyeksikan terus membaik di tahun 2018. Hal ini seiring dengan membaiknya harga komoditas pertambangan dan perkebunan. Optimisme juga didorong oleh gencarnya pembangunan infrastruktur dan tumbuhnya e-commerce yang memicu geliat bisnis logistik di Tanah Air.

President Director PT Tata Motors Indonesia Biswadev Sengupta mengatakan, masih banyak peluang yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan di sektor kendaraan komersial. Karena itu, prinsipal otomotif asal India itu terus memperkuat produk dengan membangun kesadaran merek di Indonesia. Berikut wawancara KORAN SINDO dengan Biswadev Sengupta di Jakarta belum lama ini.



Bagaimana Anda melihat pasar kendaraan komersial di Indonesia?


Kami merasa ada peluang besar untuk berkembang dalam sektor ini. Kalau Anda melihat sektor otomotif di Indonesia secara keseluruhan, kendaraan penumpang mengalami penurunan dan kendaraan komersial tumbuh. Siklusnya dua tahun ke belakang, kendaraan penumpang tumbuh namun kendaraan komersial turun. Jadi, industri mengalami siklus. Saat ini kendaraan komersial sedang booming, dipicu pertumbuhan di sektor pertambangan, investasi di infrastruktur, pertumbuhan ekspor-impor. Itu semua membuat sektor kendaraan komersial juga tumbuh.



Bagaimana dampak dari perkembangan e-commerce?


E-commerce punya dampak yang positif karena dengan e-commerce kamu bisa membeli secara online, tetapi pengiriman barangnya tetap dilakukan fisik. Dengan begitu, distribusi pasti terjadi dan sekarang distribusi sedang menggeliat.

Bagaimana kinerja Tata Motors tahun lalu?

Untuk tahun fiskal 2017-2018 kami berhasil mencapai pertumbuhan penjualan yang baik, lebih dari 20% dibandingkan 2016-2017. Kami cukup senang dengan pencapaian itu, tapi pada saat sama kami merasa ada peluang yang bisa ditingkatkan untuk tumbuh lebih baik lagi seiring dengan perkembangan kendaraan komersial dan juga pertumbuhan ekonomi.

Apa target tahun ini?

Kami ingin mencapai pertumbuhan dua kali lipat. Jadi, kalau tahun fiskal yang lalu kami bisa menjual 1.100 unit, tahun ini kami berharap bisa menjual lebih dari 2000 unit kendaraan komersial. Namun sekali lagi, kami tidak berfokus pada target angka semata. Bagi kami target yang lebih besar adalah membangun kesadaran merek, membangun produk lebih baik, membangun jaringan, service center, work shop, sparepart outlet. Apabila kami melakukannya dengan baik, maka akan lebih mudah mencapai double target tahun ini. Kami mencoba membangun dealer baru, membuka pasar baru, menawarkan produk baru. Kami sangat bersemangat karena pasarnya sangat menarik saat ini.

Apa keunggulan Tata Motors dibandingkan produk yang lain?

Kami sangat percaya diri dengan produk kami di bidang kendaraan komersial. Kami yakin, produk kami akan menghasilkan keuntungan lebih karena biaya operasional kendaraan kami lebih rendah. Di segmen kendaraan komersial, 50% pasarnya adalah kategori pikap. Kami satusatunya merek yang memiliki produk pikap bermesin diesel. Ini bisa menekan biaya ope rasional. Penghematannya minimal Rp1 juta per bulan, tentu tergantung pemakaiannya. Jadi, ketika Anda berpikir bisnis, Anda berpikir Tata.

Bagaimana dengan jaringan distribusi di Indonesia?
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak