Ganjar Optimistis UMKM Bisa Dukung Ketahanan Pangan dan Kewirausahaan Nasional

Minggu, 14 Januari 2024 - 17:07 WIB
loading...
Ganjar Optimistis UMKM Bisa Dukung Ketahanan Pangan dan Kewirausahaan Nasional
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat mengunjungi gerai UMKM di acara PENGUIN SeliwerRUN di Senayan Park, Jakarta. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk terus mengoptimalkan potensi yang ada. Ganjar meyakini UMKM bisa menjadi nilai tambah, baik untuk ketahanan pangan maupun untuk pengembangan kewirausahaan nasional.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat meninjau sejumlah UMKM yang berkolaborasi dalam acara Penguin SeliweRun di Senayan Park, Jakarta, Minggu (14/1/2024). Dalam acara tersebut, UMKM yang ikut serta antara lain Teh GP (Gede Pangrango), Kodesi (Koperasi Desa Sejahtera Indonesia), Uban Man, Distro Ganjar, serta booth ketahanan pangan dan hilirisasi. "Saya senang karena tadi ada partisipasi dari ketahanan pangan dan hilirisasi petani-petani muda," tegas Ganjar.



Pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu juga menceritakan pengalamannya saat mengunjungi Teh GP. Ganjar menyebutkan bahwa teh di sana memiliki potensi yang sangat besar. Hal itu menurutnya patut menjadi contoh dalam ketahanan pangan dengan pemanfaatan pangan pedesaan, hilirisasi produk pertanian dan penguatan dengan perkotaan.

"Di sana ada TGP dari Gede Pangrango dan mereka punya teh dengan harga yang sangat mahal. Saya pernah lihat kebunnya sangat kreatif sampai pada cara menyajikannya ada nilai tambah dari mereka jualan teh itu keren banget," cetusnya.



Ganjar pun mendorong agar kewirausahaan terus dimaksimalkan melalui berbagai upaya. Salah satunya, kata Ganjar, melalui acara seperti Penguin SeliweRun. Menurutnya, semua peluang yang muncul harus ditangkap untuk mengembangkan diri serta mengembangkan lapangan pekerjaan.

"Tadi juga ada anak-anak kreatif yang coba menggali bakatnya dan kemudian dimunculkan kemudian pada dirinya sisi entrepreneurship. Menurut saya ini bagian dari cara bagaimana menangkap lapangan pekerjaan," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)