Pertamina Siap Bermitra Kelola 8 Blok Terminasi

Rabu, 25 April 2018 - 18:11 WIB
Pertamina Siap Bermitra Kelola 8 Blok Terminasi
Pertamina Siap Bermitra Kelola 8 Blok Terminasi
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyatakan siap bermitra dengan pihak manapun, untuk mengelola delapan wilayah kerja (WK) yang akan habis masa kelolanya (terminasi). Pemerintah baru-baru ini memang memutuskan untuk memberikan hak kelola delapan blok terminasi kepada BUMN migas itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, perseroan membuka diri untuk kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) existing maupun kontraktor baru untuk bermitra mengelola blok-blok tersebut. Nantinya, Pertamina akan melakukan sharedown terhadap operator baru tersebut.

"Kemungkinan kami kelola sendiri atau bermitra. Kami membuka diri, baik existing operator atau new operator untuk sharedown. Tentu dengan kriteria dari sisi memitigasi risiko produksi dan ivnestasi," katanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menurutnya, saat ini, pihaknya telah menerima beberapa penawaran dari KKKS untuk bermitra mengelola blok terminasi. Sayangnya, mantan Direktur PLN ini enggan memerinci lebih jauh kontraktor yang telah mengajukan diri tersebut.

"Kami sudah menerima beberapa penawaran. Delapan WK lokasinya akan kami sampaikan detailnya," imbuh dia.

Terlepas dari hal itu, Nicke mengaku dengan diberikannya hak kelola delapan wilayah kerja terminasi kepada perseroan, maka kapasitas produksi hulu (upstream) Pertamina meningkat hingga 27%.

"Potensinya menambah sekitar 27% kapasitas produksi upstream kita. Dan ini bertahap. Dari delapan WK, tiga WK dalam satu bulan ke depan akan dialihkan ke Pertamina. Yang sisanya bertahap sampai Oktober," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)