Potensi Ekonomi Produk Susu Sapi Perah Lokal Sangat Menguntungkan

Rabu, 25 April 2018 - 23:12 WIB
Potensi Ekonomi Produk Susu Sapi Perah Lokal Sangat Menguntungkan
Potensi Ekonomi Produk Susu Sapi Perah Lokal Sangat Menguntungkan
A A A
JAKARTA - Nilai ekonomi yang bisa diperoleh dari produk susu sapi perah lokal sebenarnya lebih menguntungkan dibandingkan sapi potong. Pasalnya, sapi perah bisa dipanen setiap hari tanpa ada masa waktunya.

"Karena sapi perah ini kan panennya bisa setiap hari, sementara untuk sapi potong ada masa sekitar empat bulan untuk mendapatkan keuntungan," kata pengamat peternakan dari Universitas Padjadjaran Didin Tasripin di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Sayangnya, menurut Didin, industri sapi perah lokal saat ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Untuk urusan susu, Indonesia masih bergantung pada bahan baku yang diimpor dengan jumlahnya mencapai 80% dari kebutuhan susu nasional.

Didin cukup mengapresiasi adanya upaya memperbaiki kondisi ini setelah pemerintah mengeluarkan Peraturan Kementerian Pertanian (Permentan) Nomor 26 Tahun 2017 tentang Peredaran Susu. Menurutnya, kekosongan regulasi terkait persusuan nasional selama hampir 20 tahun memang perlu penanganan yang serius.

"Perlu ada sinergi dari seluruh pihak karena kita sudah cukup lama tak ada regulasi. Kementerian-kementerian terkait perlu komitmen sesuai dengan wewenangnya. Menaruh perhatian lebih pada urusan susu ini," kata Didin.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan sedang menyiapkan peraturan untuk mendukung jalannya Permentan 26/2017. "Permenperinnya sedang kami draf supaya sejalan. Tapi ini kan belum final jadi mesti bahas dengan berbagai pihak yang berkaitan seperti Industri Pengolahan Susu (IPS) yang ada dalam wewenang kami," kata Direktur Jenderal Agro Industri Kemenperin Panggah Susanto belum lama ini.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8785 seconds (0.1#10.140)