alexametrics

Tersedia 1.731 Lowongan, Ribuan Pencaker Sulut Serbu Job Fair 2018

loading...
Tersedia 1.731 Lowongan, Ribuan Pencaker Sulut Serbu Job Fair 2018
Ribuan pencari kerja di Sulawesi Utara memadati Job Fair 2018 yang digelar Pemprov Sulut. Foto/SINDOnews/Cahya Sumirat
A+ A-
MANADO - Ribuan pencari kerja (pencaker) di Sulawesi Utara memadati Job Fair 2018 yang digelar Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah yang digelar di Hotel Sahid Kawanua Manado, Kamis hingga Jumat, 26-27 April 2018.

Kepala Bidang Pelatihan Tenaga Kerja yang juga Ketua Panitia Job Fair, Lucky Taju dan Kepala Disnakertrans Sulut Erni Tumundo menjelaskan, job fair di Sulut kali ini bertujuan memfasilitasi pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, bakat, dan minat.

Kemudian membantu pelaku usaha atau pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, profesional sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Kami juga ingin mengetahui kecenderungan tingkat pendidikan, jenis kelamin, kelompok umur pencari kerja, jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia sebagai bahan perencanaan pelatihan," katanya, Kamis (26/4/2018).

Sedangkan pelaku usaha yang ikut dalam job fair kali ini, yaitu menurut sektor usaha ritel sebanyak 6 perusahaan, perhotelan 1 perusahaan, asuransi 3, perbankan 2, perusahaan keuangan 2, industri 1, distributor kendaraan 3 perusahaan, finance 3, distributor 2 perusahaan, kontraktor 1 dan jasa lainnya 5 perusahaan.

"Sehingga total yang ikut pada kegiatan ini sebanyak 30 perusahaan," tukasnya.

Sedangkan menurut domisili perusahaan, yang ada di Kota Manado 23 perusahaan, Kota Bitung ada 3 perusahaan, Kabupaten Minahasa Utara ada 4 perusahaan.

Sementara formasi yang tersedia adalah perusahaan ritel sebanyak 749 lowongan, perhotelan 20 lowongan, asuransi 128 lowongan, perbankan 39 lowongan, perusahaan jasa keuangan 54 lowongan, perusahaan industri 5 lowongan, distributor kendaraan 141 lowongan, perusahaan finance 128 lowongan, perusahaan distributor 28 lowongan, perusahaan kontraktor 18 lowongan, perusahaan jasa lainnya 379 lowongan.

"Dengan demikian, total jumlah yang tersedia pada pameran kesempatan kerja ini sebanyak 1.731 lowongan," jelasnya.

Job fair kali ini menyediakan ribuan lowongan kerja, mulai dari kualifikasi kelulusan SMA, diploma, dan sarjana secara gratis.

Sementara itu, Roy Tumiwa, staf ahli gubernur bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia mewakili gubernur menjelaskan, job fair ini sangat bermanfaat untuk mengurangi angka pengangguran di daerah ini.

"Ini sejalan dengan tujuan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, di mana memprioritaskan SDM putra-putri daerah Sulut untuk mengisi posisi kerja strategis di perusahaan. Juga sebagai realisasi program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) demi kesejahteraan rakyat," pungkasnya.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak