Fundamental Ekonomi Baik, Pelemahan Rupiah Diprediksi Tertahan

Senin, 30 April 2018 - 09:12 WIB
Fundamental Ekonomi Baik, Pelemahan Rupiah Diprediksi Tertahan
Fundamental Ekonomi Baik, Pelemahan Rupiah Diprediksi Tertahan
A A A
JAKARTA - Pelemahan rupiah diprediksi tertahan seiring respons pasar terhadap pernyataan Bank Indonesia (BI) yang menilai kondisi fundamental ekonomi Indonesia dalam keadaan baik.

Meski laju dolar AS (USD) cenderung tertekan setelah laju imbal hasil obligasi AS mulai bergerak turun dan rilis produk domestik bruto (PDB) kuartal pertama yang lebih lambat dari sebelumnya, namun kondisi tersebut masih bersifat sementara.

"Diharapkan laju rupiah dapat kembali tertahan pelemahannya dan mampu memanfaatkan pelemahan USD untuk menemukan momentum kenaikannya kembali," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin (30/4/2018). Rupiah diestimasikan Reza akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.875/USD dan resisten Rp13.894/USD.

Sementara, laju rupiah cenderung bergerak mendatar pada perdagangan di akhir pekan seiring masih adanya imbas dari kekhawatiran akan kenaikan laju USD. Sementara, dalam perdagangan valas global, laju USD cenderung tertahan jelang rilis PDB kuartal pertama AS yang diperkirakan akan cenderung melambat.

"Di sisi lain, rilis pertumbuhan ekonomi Inggris yang melambat membuat laju GBP (poundsterling) cenderung tertekan sehingga berimbas pada pergerakan JPY (yen) dan EUR (euro) yang tertahan terhadap USD. Pergerakan rupiah pun akhirnya ikut tertahan," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4958 seconds (0.1#10.140)