Mengulik 5 Alasan UMKM Butuh Google Business Messages

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:32 WIB
loading...
Mengulik 5 Alasan UMKM Butuh Google Business Messages
Google Business Messages, merupakan platform layanan pelanggan yang dikeluarkan oleh Google, kini tersedia di Indonesia. Berikut adalah 5 alasan mengapa bisnis memerlukan layanan Google Business Messages ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Google Business Messages, merupakan platform layanan pelanggan yang dikeluarkan oleh Google, kini tersedia di Indonesia. Fitur ini memberikan banyak manfaat terutama bagi bisnis khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ingin meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan konsumen.



Dengan Google Business Messages, konsumen dapat mengirimkan pesan langsung ke bisnis Anda melalui Google Business Profiles, hasil pencarian Google, atau Google Assistant. Hal ini memudahkan konsumen dalam menghubungi bisnis dan memberikan kesempatan bagi bisnis Anda untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih baik.



Selain itu, Google Business Messages juga memungkinkan bisnis Anda untuk memanfaatkan chatbot dan otomatisasi pesan untuk memberikan layanan yang lebih efisien. Chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan umum dari konsumen dan memberikan informasi dasar tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Berikut adalah 5 alasan mengapa bisnis memerlukan layanan Google Business Messages ini.

1. Meningkatkan Kualitas Interaksi dengan Pelanggan

Google Business Messages menyediakan saluran langsung dan mudah bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ini memungkinkan bisnis UMKM untuk menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan dukungan, dan menawarkan rekomendasi personal, yang memperkuat hubungan pelanggan dan loyalitas.

2. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Dengan menggunakan Google Business Messages, bisnis UMKM dapat memiliki kehadiran yang menonjol di berbagai platform Google, termasuk Google Search dan Google Maps. Hal ini meningkatkan visibilitas mereka dan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan dan berhubungan dengan mereka.

3. Hemat Biaya

Bisnis UMKM sering memiliki sumber daya terbatas, sehingga penting untuk mengoptimalkan operasional mereka. Google Business Messages memungkinkan bisnis menangani pertanyaan pelanggan dan memberikan dukungan secara efisien melalui respons otomatis dan chatbot, mengurangi kebutuhan sumber daya manusia yang besar dan menawarkan solusi layanan pelanggan yang hemat biaya.

4. Meningkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan

Dengan menyediakan pengalaman pesan yang mulus, bisnis UMKM dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kemampuan untuk merespons dengan cepat, menawarkan rekomendasi personal, dan memberikan dukungan secara real-time menciptakan kesan positif dan membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan kemungkinan transaksi ulang dan referensi dari mulut ke mulut yang positif.

5. Sistem yang Sudah Terintegrasi

Google Business Messages dapat diintegrasikan dengan platform dan sistem layanan pelanggan yang sudah ada, memungkinkan bisnis UMKM untuk mengoptimalkan operasional mereka. Integrasi ini memungkinkan bisnis mengelola percakapan, melacak data pelanggan, dan memberikan dukungan konsisten di berbagai saluran, meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan oleh Google Business Messages dapat membantu bisnis terutama UMKM untuk mengoptimalkan layanan pelanggan mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan memperkuat hubungan antara bisnis dan juga konsumen.

TapTalk.io, perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan solusi komunikasi untuk bisnis, baru-baru ini mengintegrasikan Google Business Messages ke dalam platform mereka.

Hal ini memungkinkan bisnis Anda untuk terhubung langsung dengan konsumen melalui Google Maps, hasil pencarian Google, atau Google Assistant. Dengan demikian, konsumen dapat dengan mudah menghubungi bisnis dan memperoleh layanan yang lebih cepat dan lebih baik.

“Komunikasi merupakan aspek mendasar dalam kehidupan manusia dan terus menjadi jantung kehidupan, terutama dalam era digital ini. TapTalk.io, percaya dengan adanya terobosan ini dapat membantu bisnis dan juga UMKM Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan komunikasi, memperkuat interaksi, dan membangun kepercayaan dengan konsumen. Kami ingin membantu UMKM Indonesia agar bisa mencapai potensi penuh dalam era digital ini,” ujar CEO TapTalk.io, Ritchie Nathaniel.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)