Kantor LPS di IKN Mulai Dibangun, Satu Komplek dengan BI dan OJK

Jum'at, 19 Januari 2024 - 20:49 WIB
loading...
Kantor LPS di IKN Mulai Dibangun, Satu Komplek dengan BI dan OJK
Pembangunan kantor LPS di IKN, akan berada dalam satu kawasan yang sama dengan kantor Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nantinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan Gedung Arthadhyaksa, kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Ibu Kota Nusantara ( IKN ) sudah mulai dilakukan. Pembangunan kantor LPS di IKN, akan berada dalam satu kawasan yang sama dengan kantor Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nantinya.



Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono mengatakan, kehadiran kantor LPS di IKN ini juga sekaligus memperkuat ekosistem lembaga keuangan negara di Ibu Kota Baru.

"Kantor ini akan melengkapi ekosistem kantor lembaga perekonomian di IKN karena berada pada satu kawasan bersama BI (Bank Indonesia) yang sudah groundbreaking beberapa waktu lalu, dan kemudian akan segera disusul oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," ujar Bambang dalam keterangan resminya, Jumat (19/1/2024).



Kepala Otorita IKN menyambut baik dimulainya peletakan batu pertama kantor LPS tersebut. Menurutnya, dimulainya pembangunan kantor LPS ini juga akan semakin meningkatkan kepercayaan publik dan dunia usaha.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudha Sadewa mengutarakan, kompleks perkantoran LPS ini akan dibangun dengan konsep hijau (green concept). "LPS telah didesain sedemikian rupa untuk memaksimalkan efisiensi energi sekaligus mereduksi pemanasan global," ungkap Purbaya.

Selain itu, konsep arsitektur kota di mana kantor LPS masuk ke dalam Zona Lembaga Perekonomian bersama kantor Bank Indonesia dan kantor OJK.

"Konsep kedua adalah konektivitas dan keberlanjutan area kawasan hijau yang merupakan konsep yang menghubungkan antar kawasan dengan mengoptimalkan area terbuka hijau antar kompleks perkantoran yang ada di IKN,” ujar Purbaya.

Kemudian ungkap Purbaya, kantor LPS juga menerapkan konsep smart and sustainable mobility. “Ini sebuah konsep untuk mendukung keberlanjutan transportasi publik di mana kantor LPS dirancang sebagai crowd catchment karena berdekatan dengan titik transportasi di Kawasan perkantoran dan lembaga pemerintah di IKN,” tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)