Baru Tahu Kan? SPBU Mini Pertamina Ternyata Tahan Ledakan Lho

Selasa, 11 Agustus 2020 - 21:04 WIB
loading...
Baru Tahu Kan? SPBU Mini Pertamina Ternyata Tahan Ledakan Lho
SPBU mini Pertamina ternyata tahan ledakan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan akan terus menjamin ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) hingga ke pelosok daerah. Salah satu Langkah yang dijalankan dengan memperluas SPBU mini Pertamina atau Pertashop (Pertamina Shop) hingga ke pelosok desa di Indonesia.

Selain mampu menjamin ketersediaan BBM, Pertamina Shop ternyata memiliki keunggulan yakni lebih tahan dari ancamanan kebakaran maupun ledakan. Keunggulan Pertashop ini berkat hasil inovasi bersama antara PT Pindad Enjiniring Indonesia (PEI) – anak perusahaan PT Pindad (Persero) – dengan PT Pertamina Retail – anak usaha PT Pertamina (Persero).

Field Marketing Retail Manager Marketing Operation, MOR II Pertamina RU III Plaju, Putut Andriatno menyebutkan, SPBU mini atau Pertashop ini dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang belum terdapat SPBU yang memadai. "Pertashop dibuat untuk mengakomodir lokasi dengan potensi omset belum layak untuk dibangun SPBU, dan ketentuan lain yang lebih sederhana dibanding SPBU," ungkap dia kepada wartawan, Senin, (11/8/2020).

Baca Juga: Mau Bisnis SPBU Mini Resmi dari Pertamina? Begini Caranya

Pengembangan Pertashop di berbagai daerah bukan hanya untuk pemerataan distribusi BBM saja, tapi juga diharapkan bisa mendorong pusat ekonomi baru di pedesaan. Meski begitu, nantinya akan dilebur menjadi SPBU reguler. "SPBU mini nantinya akan dilebur dengan SPBU regular, jadi nantinya tidak ada lagi SPBU mini. SPBU memiliki ketentuan sama dengan SPBU regular, baik perijinannya maupun ketentuan bisnis lain," ungkap dia. Apalagi, kata dia, masih banyak daerah yang blm terjangkau pelayanan standar pertamina. Hal ini dapat dilihat banyaknya penjual BBM eceran. "Kami ingin hadir untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat," jelas dia.



Diketahui pula, hingga Agustus 2020, mini outlet Pertashop ini telah hadir di 19 Provinsi sebanyak 147 titik penyaluran. Pertashop ini memang jauh lebih keci dari SPBU Pertamina biasa. Sebab, shelter Pertashop hanya memiliki ukuran dimensi panjang 2,4 m dan lebar 2,4 m, serta tinggi 2,8 m.

SPBU mini ini juga punya daya tahan lebih tinggi karena terbuat dari plat besi baja dengan ketebalan 2 mm hingga 6 mm. Dibagian tangki dilapisi semen tahan api yang mampu menahan 1.200 deg celsius dan dilengkapi komponen safety follow UL 2085 (standard design tangki internasional).

Kapasitas dispenser memiliki debit 50 Liter/menit yang sudah di Tera dan akan dilakukan Tera secara bertahap. Keunggulan Pertashop ini sendiri sudah melalui uji ledak dan uji bakar dengan lembaga bersertifikasi. Keunggulan Pertashop ini sudah melalui uji ledak dan uji bakar dengan lembaga bersertifikasi.

Keunggulan yang dimiliki Pertashop antara lain adalah, Pertama, movable atau mudah dipindahkan dengan konstruksi bersertifikat terdiri dari shelter, tangki BBM, dispenser dan aksesoris tangki. Kedua, safety, yakni lebih mengutamakan keamanan, sudah diuji bakar dan tersertifikasi. Disisi lain, dapat berfungsi sebagai tambahan SPBU sementara saat arus mudik dan balik, pendistribusian sampai pelosok daerah dan pulau terpencil, pendistribusian di daerah bencana serta pendistribusian untuk industri tambang.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)