Jokowi Janjikan Bantuan Uang Rp200 Juta ke Petani di Jateng Korban El Nino

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:00 WIB
loading...
Jokowi Janjikan Bantuan Uang Rp200 Juta ke Petani di Jateng Korban El Nino
Presiden Jokowi dalam rangkaian acara pembagian sertifikat tanah di GOR Bung Karno, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). FOTO/Biro Pers Kepresidenan
A A A
GROBOGAN - Presiden Jokowi menjanjikan bantuan bagi petani di Jateng yang gagal panen akibat El Nino . Jumlah bantuan bisa mencapai Rp200 juta per kelompok tani.

"Moga-moga dalam waktu yang sangat dekat realisasi uangnya bisa segera diterima para petani dan langsung bisa dipakai untuk tandur, tanam, tandur, tanam, dan segera panen. Kalau sudah panen kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain karena mereka juga sekarang ini juga mengerem semuanya, enggak jual berasnya," kata Jokowi, di GOR Bung Karno, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).



Dia mengatakan saat ini dampak perubahan iklim telah dirasakan oleh semua negara di dunia. Kekeringan panjang maupun banjir telah menyebabkan banyak negara mengalami gagal panen sehingga produktivitas padinya menurun, termasuk di Indonesia.

Sedikitnya 22 negara menghentikan kebijakan ekspor berasnya dan memilih untuk mengamankan stok berasnya untuk kebutuhan dalam negerinya. Oleh karena itu, Presiden Jokowi menyebut bahwa petani memiliki peran sentral bagi Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

"22 negara sekarang ini menghentikan ekspor, menghentikan menjual berasnya kepada negara lain. Kalau penduduk sebuah negara hanya 10 juta, 25 juta, gampang. Kita ini 280 juta harus makan semuanya, nggih mboten? Oleh sebab itu, peran bapak, ibu para petani itu sangat penting bagi negara ini," jelasnya.



Untuk membantu petani agar memiliki kekuatan menanam kembali pascabencana, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) memberikan bantuan stimulan sebesar Rp8 juta per hektare. Jokowi berharap bantuan tersebut bisa meningkatkan produktivitas para petani.

"Untuk yang terdampak El Nino, banjir, dan sekarang ini ada kekeringan agak panjang, di Jawa Tengah itu ada 16 ribu hektare dan penerima pada hari ini adalah Kabupaten Grobogan, Kudus, Jepara, Demak, dan Pati. Bantuan yang diberikan ini juga sudah dihitung Rp8 juta per hektare, sudah dihitung," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2774 seconds (0.1#10.140)