ASDP Siap Layani 4,2 Juta Pemudik di Tujuh Lintasan Utama

Rabu, 30 Mei 2018 - 20:01 WIB
ASDP Siap Layani 4,2 Juta Pemudik di Tujuh Lintasan Utama
ASDP Siap Layani 4,2 Juta Pemudik di Tujuh Lintasan Utama
A A A
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan siap melayani angkutan Lebaran tahun 2018 dengan target dapat mengangkut 4.222.071 orang pemudik dan 1.014.955 unit kendaraan di tujuh lintasan penyeberangan utama nasional selama periode mudik pada H-1 hingga H+7 Lebaran.

Tercatat 7 lintasan penyeberangan utama selama arus mudik dan balik adalah Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau (Balikpapan), Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung Api-api.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, karakteristik layanan angkutan Lebaran tahun ini akan berbeda dibandingkan tahun lalu. Arus mudik dan balik diperkirakan jauh lebih lancar menyusul ketentuan cuti bersama yang relatif panjang sehingga periode waktu libur juga lebih lama.

Dengan karakteristik cuti bersama Hari Raya Idul Fitri dan libur kenaikan kelas anak sekolah yang bersamaan, diperkirakan puncak arus terjadi dua kali, yakni saat mudik terjadi pada Senin (11/6) dan Selasa (12/6) dan puncak arus balik pada Selasa (19/6) dan Rabu (20/6/2018).

"Dengan periode hari libur yang cukup panjang, kami optimistis layanan arus mudik dan balik akan terdistribusi lebih baik. Kami imbau pengguna jasa ferry menempuh perjalanan di pagi dan siang hari agar tidak mengalami kepadatan di malam hari, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni," ujar Ira di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Dalam mendukung angkutan Lebaran tahun ini, imbuh dia, ASDP juga telah menyiapkan layanan dan fasilitas, mulai dari layanan pre-journey, di mana pengguna jasa dapat melakukan pembelian tiket berjadwal secara online maupun go-show, serta pembelian melalui buffer zone (rest area KM43 Tol Tangerang-Merak) yang dimulai sejak H-7.

PT ASDP juga memaksimalkan jumlah dermaga yang beroperasi, menambah loket dan toilet, melakukan optimalisasi area siap muat, menyediakan food truck dan digital signage, mempersingkat port time dari 1 jam menjadi 45 menit, dan khusus di Pelabuhan Merak, dermaga VI akan dioperasionalkan untuk pemudik sepeda motor.

Terakhir, untuk layanan ship journey dan post journey, PT ASDP memaksimalkan kecepatan kapal lebih dari 10 knot, waktu pelayaran maksimal 2 jam (lintasan merak-bakauheni), pengaturan jadwal kapal lebih tepat waktu, pengoperasian kapal ukuran besar saat peak hour, dan menyiapkan tempat istirahat di pelabuhan jika penumpang harus menunggu lebih lama sebelum melanjutkan perjalanan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.4007 seconds (0.1#10.140)