Sri Mulyani Cs Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,2% di 2024, Didorong Aktivitas Pemilu

Selasa, 30 Januari 2024 - 11:14 WIB
loading...
Sri Mulyani Cs Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,2% di 2024, Didorong Aktivitas Pemilu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 5,2% pada tahun ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ekonomi Indonesia tetap terjaga di tengah ketidakpastian global.

"Untuk tahun 2024 ini kami masih proyeksikan ekonomi pada kisaran 5,2% sesuai asumsi APBN, proyeksi pertumbuhan yang kuat di 2024 terutama didorong oleh aktivitas penyelenggaraan pemilu," ujar dia dalam konferensi pers Hasil KSSK, di Jakarta, Selasa (30/1/2024).



Menurut dia, aktivitas Pemilu meningkatkan konsumsi pemerintah, masyarakat, dan Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT). Faktor penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Kita harapkan berdampak positif pada aktivitas konsumsi baik konsumsi pemerintah dalam pelaksanaan pemilu maupun dari masyarakat serta berlanjutnya pelaksanaan dan penyelesaian proyek PSN pada 2024," jelasnya.

Terkait pertumbuhan ekonomi tahun lalu, pada Kuartal III 2023 berhasil tumbuh 5,05% didorong oleh aktivitas konsumsi dan investasi yang terjaga kuat. Selain itu inflasi juga stabil sekitar 3% tahun lalu.



Dia mengungkapkan, aktivitas konsumsi masyarakat masih kuat, didukung dengan tingkat inflasi yang relatif terkendali dan juga penurunan tingkat pengangguran serta peranan APBN yang secara aktif pada 2023 yang lalu sebagai shock absorber yang terus menjaga daya beli masyarakat kita.

Begitu pula, aktivitas manufaktur yang diukur dengan Purchasing Managers' Index (PMI) masih terus di atas 50, yang menandakan berada di zona ekspansi. Selanjutnya, neraca perdagangan Indonesia terus membukukan surplus selama 44 bulan berturut-turut dan penjualan ritel serta Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) masih stabil dan kuat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)