BI Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Pasar Keuangan Global di 2024

Rabu, 31 Januari 2024 - 10:53 WIB
loading...
BI Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Pasar Keuangan Global di 2024
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis menyikapi kondisi di tengah tantangan pasar keuangan global di tahun 2024 melalui strategi yang telah disiapkan. Pertama, keberhasilan Indonesia dalam menjaga proses pemulihan ekonomi patut disyukuri.

"Pemulihan tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tingkat inflasi yang rendah, dan nilai tukar rupiah yang menguat," ungkap Perry dalam keterangan resmi, Rabu (31/1/2024).



Menurut dia optimisme diperlukan dalam menghadapi berbagai tantangan di tahun 2024, antara lain meningkatnya tensi geopolitik yang berpotensi menahan proses disinflasi dan risiko perlambatan ekonomi global yang lebih tajam.
BI telah meluncurkan inovasi dan program transformasi berbasis teknologi dan digitalisasi. Ketiga, BI berpendapat kolaborasi menjadi kunci menghadapi tantangan, termasuk menghadapi volatilitas di tahun 2024.

Forum Investasi Tahunan Bank Indonesia 2024 yang dilakukan beberapa waktu lalu merupakan flagship event Bank Indonesia sebagai sarana antar Bank Sentral untuk bertukar pikiran dan diskusi kebijakan terkait pengelolaan devisa.Isu tersebut yang pertama adalah dinamika dalam dunia keuangan global di tahun 2024 yang diawali dengan optimisme yang memerlukan kewaspadaan.



Kedua, strategi kunci untuk menghadapi tantangan, dimana strategi bauran kebijakan BI mengacu pada Consistency, Innovation and Synergy (CIS). Terakhir, resiliensi cadangan devisa perlu tetap dijaga dalam mengantisipasi fluktuasi ekonomi dengan tetap memegang prinsip liquidity, security dan profitability.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)