Bikin Gedung ESDM Retak, Pembangunan Proyek BSI Tower Dihentikan

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:23 WIB
loading...
Bikin Gedung ESDM Retak, Pembangunan Proyek BSI Tower Dihentikan
Gedung Kementerian ESDM retak terdampak pembangunan gedung BSI Tower Jakarta. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT PP (Persero) Tbk. menghentikan sementara proyek pengerjaan Gedung BSI imbas ditemukan keretakan pada Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) yang berada persis di sebelah proyek tersebut.

Sekretaris Perusahaan PTPP, Bakhtiyar Efendi mengatakan penghentian sementara pekerjaan ini dalam rangka melakukan evaluasi, pendampingan oleh Kementerian PUPR dan menyusun tindak lanjut perencanaan mitigasi lanjutan untuk perkuatan.



"Kami saat ini tengah mengevaluasi bersama Ahli Geoteknik dan didampingi oleh PUPR dalam mengantisipasi settlement ini agar terkendali kedepannya. Tentunya kami juga akan berkoordinasi secara intensif dengan Kementerian ESDM untuk meminimalkan dampak dan mengembalikan kondisi bangunan Gedung Heritage," ujar Bakhtiyar Efendi dalam pernyataan resmi, dikutip Kamis (1/2/2024).

Bakhtiyar menambahkan, PT PP (Persero) Tbk sebagai pelaksana pembangunan gedung BSI menyatakan bahwa sebelum pelaksanaan telah melakukan sosialisasi kepada lingkungan sekitar gedung termasuk dengan Kementerian ESDM.

Selain itu, sebagai langkah antisipatif dan mitigasi atas risiko pergerakan tanah juga telah dilakukan penempatan inclinometer, monitoring settlement secara berkala, menggunakan sistem dinding penahan tanah secant pile sesuai dengan karakteristik tanah di lokasi dan mempertahankan dinding penahan tanah existing.



Sementara dari data monitoring yang ada, memperlihatkan terdapat penurunan dari waktu ke waktu yang menyebabkan keretakan pada bagian dilatasi dan hal ini telah dikoordinasikan dengan Kementerian ESDM sebelumnya sehingga merekomendasikan sementara waktu Gedung Heritage dikosongkan untuk evaluasi dan restorasi.

"Kami bersama Ahli Geoteknik didampingi juga oleh PUPR kami akan melakukan evaluasi secara lebih mendetail, merencanakan perkuatan pekerjaan basement untuk menghindari penurunan tanah dan dampak terhadap bangunan sekitarnya terutama Gedung Heritage Kementerian ESDM. Kami juga berkomitmen untuk selalu kooperatif dengan semua stakeholder di Proyek Pembangunan BSI Tower ini," tutup Efendi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)