alexametrics

15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018

loading...
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Viktor Vekselberg. Foto/Forbes
A+ A-
MOSKOW - Bagi Anda penggemar sepakbola, Piala Dunia FIFA merupakan momen yang sangat dinanti. Dibalik gegap gempita Piala Dunia 2018 di Rusia yang dimulai Kamis, (14/6/2018) ini, terdapat andil dari 15 orang pengusaha Rusia dalam membangun pesta sepakbola sejagat di negaranya Vladimir Putin.

Mengutip dari Forbes, Selasa (12/6), ke-15 miliarder Rusia ini mendapat kontrak dari negara untuk membangun dan memperbaiki fasilitas maupun infrastruktur transportasi demi mensukseskan Piala Dunia di negara mereka. Selain itu, beberapa pengusaha menginvestasikan uangnya untuk sistem tiket berjalan dan menyediakan fasilitas internet di stadion.

Hal ini demi membuat nyaman 1,2 juta penggemar sepakbola yang diperkirakan akan datang dari seluruh dunia, mengunjungi 11 kota tuan rumah Piala Dunia selama sebulan. Lantas siapa saja ke-15 miliarder Rusia tersebut?



Viktor Vekselberg
Kekayaan bersih: USD13,6 miliar
Vekselberg dikenal sebagai baron aluminium dan disebut-sebut dekat dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dalam Piala Dunia 2018 di Rusia, pria pemilik perusahaan Renova Group ini mengucurkan uang USD560 juta untuk merenovasi empat bandara di empat kota tuan rumah Piala Dunia, yaitu Ekaterinburg, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don dan Samara.

Arkady Rotenberg
Kekayaan bersih: USD2,6 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Rotenberg merupakan mitra judo dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Perusahaannya Mostotrest menerima kontrak USD4 miliar dari negara untuk membangun jalan raya sepanjang 425 mil yang menghubungkan kota Saint Petersburg hingga Moskow. Meski demikian, proyek jalan raya ini belum selesai pada event Piala Dunia. Selain itu, ia juga menerima kontrak USD1 miliar untuk merenovasi tiga bandara.

Mikhail Fridman, German Khan, Alexei Kuzmichev, dan Pyotr Aven
Masing-masing memiliki kekayaan bersih: USD13,6 miliar; USD8,8 miliar, USD6,8 miliar dan USD4,7 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Mikhail FridmanFridman, Khan, dan Kuzmichev adalah teman satu almamater di National University of Science and Technology (MISiS) di Moskow. Pada 1989, ketiganya mendirikan Alfa Group, induk usaha dari Alfa-Bank, bank swasta terbesar di Rusia. Aven sendiri bergabung pada 1994 sebagai presiden direktur Alfa-Bank.

Dengan 745 kantor dan cabang di seluruh Eropa, Alfa-Bank merupakan salah satu sponsor dalam Piala Dunia 2018. Mereka memiliki hak dalam penjualan tiket dan iklan billboard selama pertandingan.

Aras Agalarov
Kekayaan bersih: USD1,7 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Aras Agalarov, Miss Universe 2013 dan Donald TrumpAgalarov dikenal sebagai salah satu pengembang properti di Rusia. Pria berusia 62 tahun ini disebut-sebut juga memiliki kedekatan dengan baron properti sekaligus Presiden AS Donald Trump. Perusahaannya Crocus Group mendapat kontrak dari negara senilai USD580 juta untuk mendirikan dua stadion di dua kota tuan rumah Piala Dunia 2018, yaitu Kaliningrad dan Rostov-on-Don.

Gennady Timchenko
Kekayaan bersih: USD16,6 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Timchenko dikenal dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, bahkan ia disebut-sebut ikut membantu sang presiden ketika Moskow melakukan aneksasi di Krimea ketika terjadi krisis Rusia-Ukraina. Menjelang Piala Dunia, Timchenko dengan perusahaan konstruksinya Stroytransgaz menerima kontrak dari negara senilai USD530 juta untuk merenovasi stadion di Volgograd dan Nizhny Novgorod.

Alisher Usmanov
Kekayaan bersih: USD13 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Usmanov adalah pemegang saham utama dari USM Holdings, induk perushaan telekomunikasi MegaFon. Perusahaannya menerima kontrak USD680 juta dari negara untuk menyediakan infrastruktur internet ke semua 11 stadion dan semua kamp pelatihan bagi 32 tim yang berlaga di Piala Dunia 2018.

Leonid Fedun
Kekayaan bersih: USD7,3 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Fedun merupakan mantan tentara Uni Soviet yang banting setir menjadi pengusaha minyak. Lelaki 62 tahun ini pemilik mayoritas perusahaan migas Lukoil. Fedun juga dikenal sebagai pemilik dari klub sepakbola FC Spartak Moskow. Untuk Piala Dunia, Fedun menginvestasikan dana sekitar USD500 juta untuk merenovasi Stadion Spartak di Moskow.

Dmitry Kamenschik
Kekayaan bersih: USD3,4 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Kamenschik ialah pemilik dari Bandara Domodedovo di Moskow, dimana ia menginvestasikan dana USD690 juta untuk merenovasi bandara demi Piala Dunia 2018. Bandara ini akan memiliki sistem layanan khusus bagi atlet dan pejabat dalam acara olahraga internasional.
Alexander Ponomarenko dan Alexander Skorobogatko
Kekayaan bersih masing-masing: USD3,3 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Alexander PonomarenkoDuo Alexander ini bermitra sejak mendirikan pabrik parfum kecil di Ukraina. Lalu bisnis mereka merambah ke real estat, perbankan, dan pelabuhan. Seiring itu, mereka berekspansi ke Rusia dan pada 2013 memenangkan tender untuk mengembangkan Bandara Internasional Sheremetyevo Moskow, yang memiliki lalu lintas penumpang terbanyak di semua bandara di Rusia, yaitu 41 juta penumpang. Mereka menginvestasikan USD680 juta untuk merenovasi bandara, termasuk terminal penumpang dan area parkir multi level demi Piala Dunia 2018.

Roman Trotsenko
Kekayaan bersih: USD1,6 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Trotsenko mendirikan Aeon Corporation pada 2007 untuk mengelola jalur kapal uap Moskow, beberapa pelabuhan sungai dan 14 bandara di seluruh negeri. Perusahaan induknya di Novoport, menginvestasikan USD190 juta untuk merenovasi bandara di Volgograd dan Kaliningrad, yang keduanya merupakan kota tuan rumah Piala Dunia.

Dmitry Pumpyansky
Kekayaan bersih: USD1,6 miliar
15 Miliarder Rusia yang Terlibat Piala Dunia 2018
Memulai usahanya dari bisnis logam di Ural, Pumpyansky pada 1990 mengakuisisi pabrik pipa Sinarsky. Dari sini ia dikenal sebagai konglomerat pipa, dimana salah satu pelanggannya ialah Gazprom, perusahaan migas Rusia yang juga dikenal sebagai perusahaan gas terbesar di dunia. Pada Piala Dunia 2018, anak perusahaannya Sinara Group menghabiskan biaya USD190 juta untuk merenovasi Ekaterinburg Arena, salah satu stadion tempat Piala Dunia.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak