Meneropong Cara Ekonomi Rusia Tetap Bertahan di Tengah Gelombang Sanksi Barat dalam Setahun

Kamis, 02 Maret 2023 - 11:26 WIB
loading...
Meneropong Cara Ekonomi Rusia Tetap Bertahan di Tengah Gelombang Sanksi Barat dalam Setahun
Begini cara ekonomi Rusia bertahan, ketika sanksi Barat menghujani Moskow selama setahun terakhir atau tempatnya sejak 24 Februari 2022 saat Moskow menginvasi Ukraina. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, tidak butuh waktu lama untuk membuat sanksi Barat menghujani Moskow. Satu demi satu sanksi dijatuhkan untuk menekan ekonomi yang semuanya dirancang untuk membuat Rusia dan warganya tertatih-tatih bertransaksi di pasar dunia.



Sanksi kepada Rusia merupakan yang paling keras dan paling komprehensif dalam hampir satu abad. Secara khusus, memutuskan hubungan Rusia dengan sistem keuangan internasional, dalam ekonomi global, dianggap sebagai sesuatu yang mirip dengan langkah akhir dalam video game. Bagaimana mungkin sebuah negara yang begitu bergantung pada penjualan bahan bakar di luar negeri bisa pulih dari itu?

"Apa yang telah kami lakukan terhadap Rusia selama beberapa pekan terakhir adalah menjatuhkan sanksi tertinggi," kata Direktur Economic Statecraft Initiative, Julia Friedlander di Atlantic Council seperti dilansir Quartz.



Setahun kemudian, pasukan Rusia masih berada di Ukraina . Harus diakui literatur menunjukkan bahwa sanksi hampir tidak pernah efektif memaksa negara untuk mengubah perilaku mereka.

Namun yang lebih mengejutkan adalah kenyataan bahwa ekonomi Rusia telah bertahan dari sanksi selama masa perang jauh lebih baik daripada yang diperkirakan siapa pun. Pada tahun 2022, ekonomi Rusia menyusut 2,1% -jauh lebih sedikit dari proyeksi mencapai 10-15% ketika sanksi menghantam Maret tahun lalu.

Mengapa para ahli salah? Atau dengan kata lain: Bagaimana ekonomi Rusia terbukti tangguh dalam menghadapi sanksi Barat?

- Rusia Sudah Siap Menghadapi Sanksi


Sejak 2014, ketika Rusia mencaplok Krimea dan menghadapi putaran pertama pembatasan ekonominya, Moskow telah "membuktikan sanksi terhadap ekonominya," kata Liam Peach, ekonom senior di organisasi penelitian Capital Economics yang berbasis di London.

Ini melibatkan perusahaan dan bank yang menumpahkan utang luar negeri, sehingga mengurangi ketergantungan mereka pada pembiayaan Barat. Utang luar negeri bruto Rusia menyusut dari 41% dari PDB pada 2016 menjadi 27% pada 2021.

Secara paralel, Rusia mengumpulkan cadangan devisa lebih dari USD600 miliar dalam bentuk emas, dolar Amerika Serikat (USD) dan mata uang lainnya. Di mana sebagian besar diperoleh melalui ekspor minyak dan gas. Pada tahun 2014 juga, Rusia telah mulai mengembangkan alternatif untuk SWIFT, jaringan perpesanan yang mendukung transaksi keuangan global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)