alexametrics

Industri Ritel di Indonesia Tumbuh Pesat Selama Ramadhan 2018

loading...
Industri Ritel di Indonesia Tumbuh Pesat Selama Ramadhan 2018
Industri ritel di Indonesia tumbuh pesat selama Ramadhan 2018. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pendapatan industri ritel nasional diproyeksikan tumbuh 45% seiring peningkatan konsumsi selama periode Ramadhan, Lebaran hingga libur akhir tahun. "Ini merupakan masa emas di tahun ini bagi industri ritel di Indonesia. Selain itu, keuntungan penjualan ritel juga sudah meluas ke perdagangan online yang semakin memegang peran penting di industri ini," tegas Managing Director Manhattan Associates di Asia Tenggara, Richard Wright di Jakarta Senin (25/6/2018).

Menurut penelitian terbaru dari Priceza, tingkat klik pada penjualan online 26% lebih tinggi selama Ramadhan dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara nilai transaksi naik sebanyak 16%. Manhattan Associates adalah penyedia solusi rantai pasok/supply chains dan Omni Channel terkemuka, telah bekerja dengan perusahaan di seluruh Indonesia selama bertahun-tahun untuk membantu perusahaan-perusahaan ritel mengoptimalkan rantai distribusi. Perusahaan yang telah bekerja sama dengan Manhattan Associates yakni Matahari Group dan PT Kanmor Retail.

Matahari Group adalah pelanggan setia Manhattan sejak lama, dan telah mengandalkan solusi Manhattan untuk secara efektif memenuhi permintaan pelanggannya sepanjang tahun dan selama hari raya (peak season). Selain itu, Matahari Group telah mencapai banyak peningkatan operasional di seluruh fungsi rantai pasoknya berkat teknologi Manhattan.



Menurut Richard Wright, setelah implementasi Solusi WMS dan Slotting Optimization Manhattan di divisi makanan, yaitu Matahari Food Business, perusahaan ini meraih banyak keuntungan, termasuk penurunan 54% dalam tingkat inventory holding requirements. Juga penurunan 40% biaya distribusi, peningkatan 43% dalam tingkat layanan untuk gerai, dan peningkatan produktivitas 15%, yang terjadi hanya dalam satu minggu setelah penerapan solusi Slotting Optimization dari Manhattan.

Sementara Kanmo Group mendapatkan kendali yang lebih besar atas proses pergudangannya berkat Manhattan Associates. Kanmo Group (sebelumnya PT Multitrend Indo) adalah salah satu retailer lokal yang telah berhasil mengirimkan barang untuk konsumen selama bertahun-tahun. Sejak mengimplementasikan Manhattan's.net Native Warehouse dan solusi manajemen distribusi (Distribution Management) dari Manhattan SCALE ™ perusahaaan tersebut telag menikmati manfaat operasional yang besar.

"Tidak hanya telah mengatasi beberapa tantangan utama dalam hal prosedur manajemen gudang, solusi-solusi Manhattan bagi Kanmo Group juga secara signifikan telah meningkatkan produktivitas dan berdampak positif pada profit yang dihasilkannya," kata Richard.

Kanmo Group meningkatkan tingkat akurasi persediaannya dari 88% menjadi 99,8% setelah menerapkan solusi-solusi Manhattan. Tidak hanya ini berdampak positif pada tingkat produktivitas, hal itu juga memastikan Kanmo Group dapat menanggapi permintaan pelanggan secara real-time.

"Setelah penerapan solusi Manhattan tersebut, Kanmo Group dapat langsung bergerak cepat dalam melakukan kegiatan-kegiatan promosi di gerai-gerainya, terlebih lagi pada masa peak season," cetusnya.

Sistem Manhattan WMS mengotomatiskan proses pengambilan, pengemasan, dan pengiriman (picking, packing, shipping), maka ini akan meminimalkan jumlah perpindahan per pesanan. Hal ini akan meningkatkan akurasi setiap pesanan dan mengurangi stok pengaman/safety stock. Sehingga membantu memaksimalkan fungsi tata letak gudang, sehingga akan mempercepat proses fulfilment dan pengurangan overhead, juga meminimalkan kebutuhan ruang gudang dengan kemampuan cross docking dan flow through.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak