BIJB Resmi Layani Penerbangan Reguler Rute Kertajati-Surabaya

Senin, 02 Juli 2018 - 11:25 WIB
BIJB Resmi Layani Penerbangan Reguler Rute Kertajati-Surabaya
BIJB Resmi Layani Penerbangan Reguler Rute Kertajati-Surabaya
A A A
MAJALENGKA - Mulai Minggu (1/7/2018) kemarin, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, resmi melayani penerbangan reguler dengan rute yang dibuka, yakni Kertajati-Surabaya dan Surabaya-Kertajati. Ditetapkannya penerbangan reguler tersebut diharapkan bisa segera membuka rute baru dari Bandara Kertajati ke berbagai daerah potensial lainnya di Indonesia.

Sebelumnya, Bandara Kertajati telah sukses melayani penerbangan extra flight saat musim mudik Lebaran Idul Fitri sejak 8-24 Juni 2018 lalu. Rute yang dibuka, yakni Kertajati-Surabaya dengan maskapai Citilink yang cukup menyedot animo masyarakat. Setiap penerbangannya, okupansi penumpang mencapai di atas 90%.

"Setelah Bandara Kertajati baru saja melayani extra flight untuk masyarakat saat musim mudik Lebaran sampai 24 Juni, kini bandara resmi melayani penerbangan reguler per 1 Juli dengan maskapai Citilink," kata Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT BIJB Agus Sugeng Widodo dalam keterangan resmi, Senin (2/7/2018).

Menurut Agus Sugeng, surat penetapan Bandara Kertajati bisa melayani penerbangan reguler sudah diteken Kementerian Perhubungan Direktur Angkutan Udara dan Direktorat Jenderal Perhubungan. Artinya, terang dia, Bandara yang baru saja diresmikan pada 24 Mei 2018 lalu itu sudah sangat terbuka untuk melayani penerbangan ke berbagai daerah potensial di Indonesia.

Ia menambahkan, maskapai Citilink dengan rute Kertajati-Surabaya dan sebaliknya memang masih menjadi satu-satunya maskapai yang melayani penumpang akan kebutuhan transportasi berbasis udara di Bandara Kertajati. Jika sebelumnya penerbangan rute Kertajati-Surabaya berangkat pukul 07.25 kini berubah menjadi 15.10.

Sedangkan rute Surabaya-Kertajati semula pukul 05.00 kini terbang pukul 12.35 WIB. "Penerbangan sama seperti musim mudik Lebaran. Hanya saja ada perubahan di jadwal penerbangannya," imbuhnya.

Agus Sugeng menerangkan, setelah Citilink sukses membuka rute Surabaya, maskapai dari anak perusahaan Garuda Indonesia ini juga membidik rute lainnya untuk penerbangan domestik. Potensi besar yang akan digarap, yakni rute Kertajati-Denpasar, Semarang, Medan, dan Balikpapan.

Selain Citilink, sambung Agus Sugeng, maskapai lain seperti Lion Air dan Sriwijaya Air juga sudah menyatakan ketertarikannya. Seluruh tahap perizinan masih dalam proses evaluasi dan penyesuaian tarif. "Rute potensial yang bisa dimanfaatkan cukup banyak, tapi semuanya ada tahapan yang harus ditempuh," terangnya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, untuk menjangkau Bandara Kertajati, akses transportasi yang bisa digunakan, yakni Damri. Moda transportasi berbasis bus tersebut kembali melakukan pelayanan dari Bandung ke Kertajati dan Cirebon ke Kertajati yang disesuaikan dengan jam penerbangan. "Damri yang start dari Bandung akan berangkat dari Kebon Kawung pukul 11.00 WIB. Sedangkan dari Cirebon berangkat dari Terminal Harjamukti pukul 12.00 WIB," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9182 seconds (0.1#10.140)