Gelar Upacara 17 Agustus di IKN Tahun Ini, Kepala Otorita Pastikan 200 Kamar Hotel Tersedia

Senin, 12 Februari 2024 - 14:52 WIB
loading...
Gelar Upacara 17 Agustus di IKN Tahun Ini, Kepala Otorita Pastikan 200 Kamar Hotel Tersedia
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono memastikan, sekitar 200 kamar hotel sudah tersedia di IKN hingga bulan Agustus 2024 mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono memastikan, sekitar 200 kamar hotel sudah tersedia di IKN hingga bulan Agustus 2024 mendatang. Hal itu untuk mendukung penyelenggaraan upacara peringatan kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang, sekaligus menjadi penanda dimulainya pemindahan pusat pemerintahan untuk tahap pertama.

"Insya Allah hampir semua sudah jadi Agustus nanti. Bahkan salah satu hotel juga sudah tersedia oleh swasta 200 kamar, itu Hotel Nusantara namanya," ujar Bambang dalam sesi wawancara bersama TVRI Nasional di IKN dikutip, Senin (12/2/2024).



Hotel Nusantara sendiri dibangun oleh Konsorsium Nusantara yang terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Salim Group, Astra, BaritoPacific, PULAUINTAN, Mulia Group, Kawan Lama, Alfamart dengan total investasi sekitar Rp20 triliun untuk membangun Mall, Hotel, dan Perkantoran. Groundbreaking proyek tersebut sudah dilakukan sejak bulan September 2023 lalu.



Selain hotel, lebih lanjut Bambang menjelaskan, 4 kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), Istana dan Kantor Presiden juga ditargetkan rampung dan sudah dapat digunakan pada mulai bulan Juli mendatang. Kemudian sektor hunian yang terdiri dari hunian PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan rumah tapak jabatan Menteri juga ditargetkan rampung.

Adapun saat ini Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun 47 tower rusun ASN, targetnya hingga bulan Juli 2024 mendatang telah rampung terlebih dulu sebanyak 12 tower.

"Jadi kita bertekad Agustus selenggarakan upacara, tentu belum selesai semua ya, in progress. Tapi paling tidak mereka yang hadir upacara bisa melihat, bahwa ini satu ekosistem yang kita kembangkan," kata Bambang.

"Banyak yang menanyakan, jadi atau tidak sih?, saya selalu bilang bahwa seeing is believing, silahkan datang kesini, ada istana yang progresnya sudah lebih dari 50 persen dan mudah-mudahan nanti 17 Agustus sudah siap," tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)