Intip Capaian Mentereng 2 Bank BUMN, Harga Sahamnya Cetak Rekor

Senin, 12 Februari 2024 - 21:19 WIB
loading...
Intip Capaian Mentereng 2 Bank BUMN, Harga Sahamnya Cetak Rekor
Dua bank terbesar di Indonesia mencatatkan rekor laba tertinggi di industri perbankan Tanah Air, per awal pekan hari ini harga sahamnya mencetak rekor. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dua bank terbesar di Indonesia yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatatkan rekor laba tertinggi dalam industri perbankan Tanah Air. Rinciannya, total laba bersih dari dua bank tersebut saja sudah menembus Rp115,5 triliun.



Bukan hanya laba, aset keduanya dijumlah nilai totalnya mencapai lebih dari Rp4.139 triliun. Bank Mandiri tercatat asetnya tembus Rp2.174,2 triliun dan Bank BRI asetnya menyentuh Rp1.965 triliun di tahun 2023 lalu.

Berkat capaian ini, saham Bank Mandiri (BMRI) dan BRI (BBRI) pun menjadi sasaran empuk investor asing maupun lokal. Pastinya bursa hari ini lebih ceria karena adanya kedua saham ini.

"Dari berbagai tantangan yang ada di awal tahun 2024 kondisi ekonomi Indonesia masih memiliki potensi yang besar. Kami bangga dan optimis, Bank Mandiri dan BRI mampu tumbuh dan memberi kontribusi yang positif untuk Indonesia,” ungkap Wakil Menteri atau Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat dihubungi, Senin (12/2/2024).



Per awal pekan hari ini harga saham BMRI sempat menyentuh Rp7.200 per saham. Lalu, BBRI harga sahamnya juga mencapai Rp5.975. Rekor tertinggi bagi keduanya adalah rekor sepanjang sejarah.

Bagaimana tidak, kapitalisasi pasar duo bank BUMN ini mencapai Rp1.577,56 triliun, kalau dijumlah otomatis masuk dalam top 10 bank terbesar se-Asia. Pencapaian yang luar biasa.

Nah, kedua bank ini juga langganan penyumbang dividen BUMN terbesar se-Indonesia. Tahun lalu saja, Bank Mandiri dan BRI sudah setor dividen ke negara Rp36,07 triliun. Jika ditotal semua BUMN, jumlah dividen yang disumbang ke negara bahkan mencapai Rp81,2 triliun tahun lalu.

Artinya, jumlah ini setara 44,8% dari total dividen BUMN ke negara di tahun lalu. Kontribusi ke negara juga pasti akan meningkat, seiring dengan peningkatan laba yang telah dibukukan di tahun 2023 oleh kedua bank BUMN tersebut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)