RI Punya Potensi Energi Samudera 18 GW Tapi Pemanfaatannya 0%, Kok Bisa?

Kamis, 13 Agustus 2020 - 11:37 WIB
loading...
RI Punya Potensi Energi Samudera 18 GW Tapi Pemanfaatannya 0%, Kok Bisa?
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah melakukan pengembangan pilot project atau uji coba energi samudera di beberapa lokasi untuk menghitung keekonomian proyek listrik dari energi laut ini.

"Ada beberapa lokasi kita lakukan uji coba. Kita lakukan uji coba, pilot dulu, untuk bisa meningkat kalau sudah bisa menghitung keekonomiannya," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020). (Baca: Tanpa Pengembangan Energi Ini, Indonesia Terancam Krisis Listrik )

Arifin menjelaskan, ada dua teknologi yang sedang dikaji dan diuji coba untuk memanfaatkan energi samudera menjadi listrik. Pertama, teknologi gelombang laut.

Penggunaan teknologi ini melalui Oscillating Water Column (OWC) berpeluang ditempatkan di perairan selatan Enggano. Sedangkan teknologi gelombang laut menggunakan heaving device berpotensi di wilayah Mentawai.

Kedua, teknologi energi panas laut atau Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC) di perairan Bali Utara. Balitbang ESDM pun sudah melakukan feasibilty study (FS). (Baca juga: Insiden di Laut Hitam, Jet Tempur Su-27 Rusia Usir 2 Pesawat Militer AS )

"FS tersebut dilakukan pada teknologi arus laut di Selat Alas antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Juga dilakukan di Selat Sape (antara Pulau Sumbawa dan Pulau Komodo), dan Selat Pantar (antara Pulau Pantar dan Pulau Alor)," jelasnya.

Dia menekankan pentingnya akselerasi pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia dalam mengantisipasi krisis ekonomi dan krisis energi.

Tidak hanya di Indonesia, negara-negara di dunia juga melakukan berbagai langkah antisipatif dalam mengembangkan EBT terutama India. "Samudera, ocean resources kita punya potensi hampir 18 GW tapi masih 0%, belum termanfaatkan," ungkap Arifin.

Salah satu sumber EBT lain yang menjadi sorotan Arifin untuk bisa dikonversi sebagai listrik adalah bioenergi. Sumber energi tersebut memiliki potensi 32,6 Giga Watt (GW), akan tetapi baru terealisasi sebesar 5,8% atau 1.895,7 Mega Watt (MW).

"Bioenergi sangat penting ke depan, terutama nanti kalau minyak habis, gas sedikit. Bioenergi ini adalah salah satu andalan kita," kata Arifin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)