Dukung Petani Sawit, Layanan Digital Astra Agro Terus Dikembangkan

Sabtu, 17 Februari 2024 - 19:23 WIB
loading...
Dukung Petani Sawit, Layanan Digital Astra Agro Terus Dikembangkan
Perusahaan perkebunan kelapa sawit ini mengembangkan layanan baru agar para mitra semakin nyaman, efektif dan efisien dalam proses penjualan buah ke pabrik Astra Agro. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - PT Astra Agro Lestari Tbk terus memperkuat program kemitraan dengan petani kelapa sawit . Perusahaan perkebunan kelapa sawit ini mengembangkan layanan baru agar para mitra semakin nyaman, efektif dan efisien dalam proses penjualan buah ke pabrik Astra Agro.

“Langkah Astra Agro memprioritaskan buah dari masyarakat ini juga menjadi komitmen perusahaan dalam mendukung usaha petani sawit,” kata Chief Executive Officer Astra Agro, Santosa saat berbincang dengan para jurnalis di acara Talk to the CEO 2024, di Bandung, (17/2).



Menurutnya, pengembangan ini sejalan dengan program digitalisasi yang telah di terapkan Astra Agro selama beberapa tahun belakangan. Aplikasi Sistem Informasi Kemitraan (SISKA) 2.0 dirilis pada bulan Januari lalu.

Di awal tahun ini, fitur pertama yang diperkenalkan adalah Booking Jadwal Kirim yang diharapkan dapat mempersingkat waktu tunggu bongkar dengan sistem antrian yang terintegrasi, sehingga para mitra mendapatkan kemudahan dalam mengatur jadwal pengiriman buah ke pabrik Astra Agro.



Selain memberikan kemudahan bagi mitra, SISKA 2.0 diharapkan mampu mengoptimalkan fasilitas lainnya seperti anjungan yang telah disediakan oleh perusahaaan sebagai layanan kepada driver para mitra untuk menunggu saat proses bongkar TBS di pabrik. Selain itu, sejumlah program kerjasama juga dilakukan untuk mendukung bisnis kelapa sawit para mitra.

Lebih lanjut, Santosa menyatakan program kemitraan yang telah diintensifkan sejak tahun 2018 ini, juga menjadi salah satu strategi bisnis perusahaan dalam memenuhi utilitas pabrik kelapa sawit dan produksi CPO perusahaan. Perusahaan yang mengaku sudah 100 persen buahnya tertelusuri tersebut, yakin dengan layanan yang diberikan dan beragam loyalti program akan membawa bisnis perusahaan berkelanjutan di masa yang akan datang.

“Beberapa tahun poduksi sawit nasional stagnan, maka selain oeningkatan produktivitas tanaman, maka untuk dapat bertahan kita harus melakukan efisiensi. Fix cost sudah pasti harus keluar, maka utilisasi pabrik harus optimal,” tegas Santosa.

Beberapa kemudahan yang Astra Agro tawarkan adalah pembelian pupuk, kecambah kelapa sawit, herbisida, unit angkut, unit pribadi dan alat berat serta kerjasama perbaikan infrastruktur.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3062 seconds (0.1#10.140)