PLN IP Pamerkan Stasiun Bahan Bakar Hidrogen Pertama di Indonesia

Minggu, 18 Februari 2024 - 14:25 WIB
loading...
PLN IP Pamerkan Stasiun Bahan Bakar Hidrogen Pertama di Indonesia
PLN IP memamerkan staisun pengisian bahan bakar hidrogen pertama di Indonesia dalam acara IIMS 2024. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT PLN Indonesia Power ( PLN IP ) memamerkan stasiun pengisian kendaraan hidrogen pertama di Indonesia dalam ajang pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra mengatakan stasiun hidrogen tersebut merupakan komitmen korporasi terhadap pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), serta pengembangan ekosistem kendaraan masa depan.

"Pada event IIMS ini, PLN IP memamerkan stasiun pengisian kendaraan hidrogen atau hydrogen refueling station (HRS) pertama di Indonesia sebagai penunjang fasilitas kendaraan berbahan bakar hidrogen," ujarnya melalui pernyataan resmi, Minggu (18/2/2024).



Dia menjelaskan tujuan pembangunan HRS di IIMS untuk memberikan edukasi serta mengajak para pelaku usaha maupun komunitas di dunia otomotif dalam memulai untuk beralih ke kendaraan masa depan berbasis hidrogen hijau.

"Sebagai pemain utama dalam pengembangan hidrogen hijau dan juga sebagai komitmen korporasi dalam mendukung target pemerintah menuju net zero emission (NZE) pada 2060, kami hadir di IIMS untuk memberikan edukasi dan pentingnya peran serta semua pihak dalam mewujudkan NZE atau nol emisi karbon dengan memaparkan beberapa alternatif kendaraan masa depan termasuk kendaraan berbasis hidrogen," jelasnya.

Edwin Nugraha menambahkan HRS yang nantinya berlokasi di Senayan, Jakarta, di dalamnya terdapat fasilitas charger electric vehicle berbasis hidrogen, hydrogen center, dan hydrogen gallery room sebagai pusat pelatihan dan pendidikan terkait hidrogen di Indonesia. Rencananya HRS Senayan akan diresmikan pada pekan ketiga Februari 2024.

"HRS segera launching, di dalamnya tidak hanya ada stasiun pengisian kendaraan hidrogen saja, namun juga charger untuk kendaraan listrik dan juga hydrogen center. Ini membuktikan PLN serius dalam pengembangan ekosistem kendaraan masa depan, tidak hanya kendaraan listrik, namun juga hidrogen sebagai alternatif pilihan," jelas dia.

Sementara, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN siap menjadi pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik dan kendaraan berbahan bakar hidrogen. PLN telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan produk untuk menunjang ekosistem kendaraan listrik dan hidrogen mulai dari hulu hingga hilir.

"Sama seperti kendaraan listrik, di mana kami menjadi pionir dalam pembentukan ekosistem. Dengan ini kami yakin, PLN akan menjadi key player dalam penyediaan hidrogen hijau untuk berbagai kebutuhan, khususnya untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen," kata Darmawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)