Kabar Baik dari AS, Alarm Resesi Tak Lagi Berbunyi di Kuartal I/2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:30 WIB
loading...
Kabar Baik dari AS, Alarm Resesi Tak Lagi Berbunyi di Kuartal I/2024
Ekonomi Amerika Serikat (AS) menjauh dari ancaman resesi, meski indeks ekonomi utama Negeri Paman Sam -julukan AS- diprediksi cenderung mendatar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ekonomi Amerika Serikat (AS) menjauh dari ancaman resesi , meski indeks ekonomi utama Negeri Paman Sam -julukan AS- diprediksi cenderung mendatar. The Conference Board mengumumkan Leading Economic Index (LEI), atau ukuran yang mengantisipasi kegiatan ekonomi di masa depan turun 0,7% menjadi 102,7 pada Januari 2024.



Indeks perputaran siklus bisnis itu berada pada level terendah sejak April 2020, ketika AS berada dalam resesi singkat setelah kemunculan Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan munculnya kebijakan lockdown.



Penurunan bulanan ini juga menjadi yang ke-23 kali secara beruntun, hanya satu bulan lebih pendek dari kemerosotan rekor terpanjang yang dimulai pada April 2007 dan berlangsung hingga Maret 2009 selama krisis keuangan global. Namun, tingkat penurunan tahunan LEI selama enam bulan telah melambat tajam dan tingkat pertumbuhannya berada di sekitar level paling negatif sejak Agustus 2022.

"Sementara LEI yang menurun terus menandakan hambatan terhadap aktivitas ekonomi. Untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, enam dari 10 komponennya merupakan kontributor positif selama periode enam bulan terakhir," kata Justyna Zabinska-La Monica, manajer senior, indikator siklus bisnis di Conference Board.

"Akibatnya, indeks utama saat ini tidak menandakan resesi ke depan," sambungnya.

Menurutnya pertumbuhan pada kuartal kedua dan ketiga, bagaimanapun harus mendekati nol. Conference Board pertama kali mengumumkan pada Juli 2022 bahwa indeks mengisyaratkan resesi akan datang.

Mereka telah mengulangi perkiraan itu dengan laporan setiap bulan hingga rilis Selasa, kemarin waktu setempat untuk bulan Januari. Bahkan ketika output ekonomi AS, penciptaan lapangan kerja dan belanja konsumen semuanya berlanjut pada tingkat di atas tren dan tidak adanya resesi.

Kontributor positif terbesar untuk pergantian dari proyeki resesi berasal dari lonjakan harga saham baru-baru ini ke rekor tertinggi. Indeks acuan S&P 500 (. SPX), membuka tab baru telah meningkat lebih dari 20% sejak akhir Oktober setelah sinyal dari Federal Reserve bahwa siklus suku bunga agresif yang bertujuan untuk menahan inflasi telah berakhir dan bahwa penurunan suku bunga diharapkan terjadi tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)