Makassar New Port Diresmikan Jokowi, Terbesar Kedua Setelah Pelabuhan Tanjung Priok

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:23 WIB
loading...
Makassar New Port Diresmikan Jokowi, Terbesar Kedua Setelah Pelabuhan Tanjung Priok
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Makassar New Port (MNP), yang merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok dengan kedalaman 16 Meter. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Makassar New Port (MNP) pada hari ini, Kamis (22/2/2024). Dermaga MNP Tahap 1A, 1B dan 1C yang diresmikan ini memiliki panjang total 1.280 meter.



Peresmian Makassar New Port juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono, yang ditandai dengan memindahkan mockup kontainer ke mockup kapal dan penandatanganan prasasti.

Proyek strategi nasional (PSN) ini sebelumnya oleh Pelindo di atas lahan seluas 52 hektare (ha) untuk menopang pertumbuhan perekonomian di wilayah timur Indonesia.

Presiden Jokowi menyampaikan, persaingan antar negara saat ini betul-betul sangat ketat, dimana siapa yang memiliki efisiensi yang baik yang akan memenangkan pertandingan dan persaingan.

10 tahun lalu biaya logistik nasional berada di angka 24%, lebih tinggi dari negara lain yakni 9-12%. Perkara biaya logistik di Tanah Air yang besar ini disebabkan oleh tidak terintegrasinya pelabuhan dengan kawasan industri, dan tidak terintegrasinya pelabuhan dengan pabrik.

Kendati begitu, Jokowi memastikan saat ini biaya logistik nasional sudah turun di angka 14%, angka ini termasuk masih tinggi dari negara lain juga.

“Sekarang, biaya logistik kita sudah turun kurang lebih 14 persen. Sudah turun banyak, tetapi tetap masih sedikit lebih tinggi dari negara lain dan ini menjadi PR kita bersama,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden menjelaskan, Makassar New Port merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok dengan kedalaman 16 Meter dan termasuk Pelabuhan terdalam yang sangat baik untuk bersandarnya kapal-kapal besar yang mengangkut kontainer.

Kehadiran pelabuhan baru di Makassar mampu menampung 2,5 juta twenty-foot equivalent unit (TEUs) peti kemas untuk di dermaga tahap 1A, B, dan C, hal ini juga menjadi angin segar bagi para shipping lines atau perusahaan pelayaran.

Karena dengan kedalaman yang dimiliki yakni -16 meter Low Water Springs (LWS), dermaga MNP sudah bisa disandari kapal dengan bobot besar atau post panamax yang biasa digunakan untuk direct call atau pelayaran langsung ke luar negeri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)