AQUA Banyuwangi dan Pandaan Terima Penghargaan National Lighthouse Industry 4.0

Kamis, 22 Februari 2024 - 19:09 WIB
loading...
AQUA Banyuwangi dan Pandaan Terima Penghargaan National Lighthouse Industry 4.0
Pabrik AQUA Pandaan dan Banyuwangi menerima penghargaan National Lighthouse Industry 4.0 langsung dari Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita. FOTO/Masdarul Kh
A A A
JAKARTA - Danone Indonesia (PT Tirta Investama) melalui Pabrik AQUA Pandaan dan Banyuwangi menerima penghargaan National Lighthouse Industry 4.0 langsung dari Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.

Penghargaan diterima langsung Rachmat Hidayat selaku Government & External Scientific Affairs Director pada acara Penganugerahan National Lighthouse Industri 4.0 di Hotel JS Luwansa, Rabu (21 Februari 2024).

Predikat National Lighthouse merupakan industri yang dipilih dan dinilai mampu menjadi percontohan (role model) bagi industri lain di dalam negeri sebagai journey transformasi implementasi Industry 4.0 di Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian.

Diketahui, revolusi industri 4.0 dan transformasi digital menjadi kebutuhan krusial bagi sektor industri saat ini. Kementerian Perindustrian terus memberikan dukungan, edukasi, serta pembinaan bagi pengusaha industri untuk mendorong tingkat adopsi teknologi.



Diharapkan semakin meningkatnya jumlah perusahaan industri yang menerapkan teknologi Industri 4.0 akan membuat dunia melihat kesiapan Indonesia dalam menjawab tantangan manufaktur saat ini. Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, sebagian besar negara besar saat ini sedang mengalami resesi, dan perlambatan ekonomi secara global, secara tidak langsung hal ini akan berdampak pada sektor manufaktur Indonesia.

“Saat ini PDB Indonesia masih dalam kondisi baik di angka 19%, namun kita harus tetap melakukan persiapan secara terukur untuk mengejar target menjadi 10 besar negara dengan ekonomi di dunia pada tahun 2030. Untuk itu manufaktur kita harus siap menjawab tantangan tersebut”, kata Agus Gumiwang.

“Adopsi Teknologi dalam National Lighthouse Industry 4.0 ini diharapkan akan bisa menurunkan konsumsi energi, peningkatan produktifitas dan penurunan Cost Production. Ketiga hal tersebut menjadi kunci untuk mendukung Industry 4.0”, tambahnya

AQUA Pandaan dan Banyuwangi pada tahun lalu telah menerima INDI 4.0 award sebagai pabrik yang sudah menerapkan sistem digitalisasi di semua lini operasionalnya. Tahun ini statusnya naik menjadi National Lighthouse Industry 4.0, artinya kedua Pabrik ini telah siap menjadi mercusuar atau percontohan bagi industri lain untuk penerapan digitalisasi menghadapi tantangan global industri 4.0.

AQUA Pandaan adalah pabrik yang beroperasi sejak 1984, sedangkan AQUA Banyuwangi beroperasi pada 2022. Transformasi digital di AQUA Pandaan menjadi tantangan tersendiri karena merubah kultur kerja, sedikit berbeda dengan AQUA Banyuwangi yang sejak dibangun sudah mengacu pada sistem digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)