Harga Beras Terus Melambung, Wapres: Kita Ikuti Saja

Jum'at, 01 Maret 2024 - 09:05 WIB
loading...
Harga Beras Terus Melambung, Wapres: Kita Ikuti Saja
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin. FOTO/Tangkapan Layar/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) Ma'ruf Amin mengungkap biang kerok atau penyebab harga beras terus mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir. Salah satunya, akibat fenomena cuaca global El Nino.

"Kalau beras itu kan, memang ada defisit kita karena itu pemerintah mengimpor beras. Panen terlambat, jadi ada defisit, panen terlambat kemudian mengimpor," ungkap Wapres dalam pernyataannya, Jumat (1/3/2024).



Wapres memastikan cadangan beras aman menjelang Ramadan 1445 Hijriah. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan impor.

"Nah pada beberapa pertemuan yang dulu bahwa diperkirakan cadangan beras cukup. Jadi penyediaan, ketersediaan beras cukup melalui (impor) ini. Memang impor ini karena import juga tidak mudah kan, negara-negara lain juga mengalami hal yang sama," ujarnya.



Wapres menegaskan pemerintah melakukan dua langkah untuk menjaga harga beras stabil. Oleh karena itu pemerintah kita melakukan langkah dua hal pertama ketersediaan barang dan kedua pengendalian harga.

"Jadi pengendalian harga ini ternyata tidak mudah ya tapi kita harapkan seperti dikatakan oleh Presiden sebentar lagi karena diharapkan ada panen bisa turun, mudah-mudahan (turun) kita ikuti saja," jelasnya.

Wapres mengatakan kenaikan harga beras juga dipengaruhi oleh adanya fenomena cuaca yakni El Nino. "Nah kalau harga beras naik itu memang itu gejala kenaikan harga pangan di seluruh dunia yaitu apa gejala Global akibat El Nino, ini sudah diketahui," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)