Dukung Industri Film dan TV, Jababeka Movieland Luncurkan Katalog Set Lokasi Syuting

Minggu, 03 Maret 2024 - 12:50 WIB
loading...
Dukung Industri Film dan TV, Jababeka Movieland Luncurkan Katalog Set Lokasi Syuting
Jababeka Movieland meluncurkan katalog set lokasi syuting, di Mayfair Building, Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (28/2/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BEKASI - Jababeka Movieland meluncurkan katalog set lokasi syuting , di Mayfair Building, Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (28/2/2024). Jababeka Movieland merupakan kawasan industri film dan televisi seluas sekitar 35 hektare yang dikembangkan PT Jababeka Tbk .

Peluncuran ditandai dengan pemberian buku katalog Jababeka Movieland dari Chairman of Steering Committee Arief Yahya ke Ketua Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru. Momen ini disaksikan langsung Direktur Utama Perum Produksi Film Negara Dwi Heriyanto dan Koordinator Jababeka Movieland Eric Gunawan.

Acara peluncuran katalog tersebut dihadiri sekitar 50 peserta yang berasal dari karyawan film dan televisi dari berbagai production house (PH) dan berjalan lancar. Dalam acara tersebut peserta tak hanya mendapat informasi katalog set lokasi-lokasi syuting. Tapi juga ikut merasakan dan melihat secara langsung set lokasi syuting Jababeka Movieland melalui agenda tur set yang berlangsung di akhir acara.

Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono mengatakan, latar belakang peluncuran katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland ini merupakan bagian dari komitmen pihak Jababeka untuk berpartisipasi aktif memajukan industri perfilman Indonesia. Di mana tujuan hadirnya katalog set lokasi syuting adalah mengenalkan berbagai lokasi pengambilan gambar di Jababeka Movieland.

”Selain itu, peluncuran katalog tersebut membuktikan bahwa semua kebutuhan set lokasi syuting untuk film layar lebar, serial, dan beragam program televisi sudah tersedia di Jababeka Movieland,” katanya di acara bertema launching katalog dan set tour Jababeka Movieland.

Menurutnya, salah satu kendala pekerja film TV dalam menggarap proyeknya ialah tempat syuting yang berjauh-jauhan dan tidak efektif secara waktu. Selama ini mereka harus mengatur tempat lokasi satu per satu, termasuk sisi perizinan dan keamanan. Karenanya, Jababeka Movieland merancang katalog set syuting dan menyediakan pelayanan terpadu satu atap.

”Sehingga bisa memudahkan para pekerja film dan TV menjalankan proyeknya, entah film, sinetron, dan video komersial. Tidak ada lagi waktu terbuang untuk perizinan dan keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Arief Yahya menambahkan katalog set lokasi syuting di Jababeka Movieland sudah dikurasi secara khusus agar menyesuaikan kebutuhan industri perfilman dan TV. Dengan demikian pihak PH atau produser tidak perlu takut apakah Jababeka Movieland sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan proyek mereka. “Dan semua set lokasi syuting sudah siap pakai untuk proyek perfilman maupun TV,” katanya.

Dalam kesempatan yang samadiluncurkanwebsite Jababeka Movieland. Eric Gunawan menjelaskan website yang dihadirkan bukan hanya sekadar berisi profil tentang Jababeka Movieland, tapi menginformasikan semua layanan jasa pihaknya kepada para produser PH, termasuk meng-unduh katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland yang telah diluncurkan.

“Jadi, untuk melihat-lihat jasa apa saja yang kami sediakan, maupun mau meng-download katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland bisa akses website kami,” kata pria yang merupakan praktisi, asesor, dan dosen akademi perfilman di President University ini.

Eric optimistis, lokasi syuting Jababeka Movieland tak akan membuat pekerja film dan TV atau produser PH kecewa. Dengan harga sewa set lokasi yang relatif terjangkau, kemudahan perizinan, set lokasi syuting yang lengkap, tim keamanan, sudah ada dedicate team dan tersedia tempat menginap untuk kru dengan beragam fasilitas akomodasi dan pilihan kuliner, mampu mengurangi budget produksi cukup signifikan, bahkan hingga 50%.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)