Simak Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024

Senin, 04 Maret 2024 - 14:52 WIB
loading...
Simak Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024
Cara daftar mudik gratis Kementerian Perhubungan lebaran 2024. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara daftar mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2024 bisa dilakukan dengan mudah. Bagi Anda yang sudah berencana mudik pada momen Lebaran tahun ini dapat memanfaatkan program pemerintah tersebut.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik gratis. Berlaku untuk masa Lebaran 2024, program ini tersedia untuk jalur darat, laut hingga kereta api.



Berkaitan dengan tujuannya, program mudik gratis ini dilakukan pemerintah guna mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Keberangkatan arus mudik dijadwalkan berlangsung pada 2-8 April 2024, sementara keberangkatan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024.

Lebih jauh, pendaftaran mudik gratis dibuka 4 Maret 2024 sampai 18 April 2024. Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program tersebut, proses pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui situs Dephub atau aplikasi Mitra Darat, serta offline ke loket pelayanan. Berikut langkah-langkahnya yang bisa disimak.



Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024

-Pertama silahkan buka laman https://mudikgratis.dephub.go.id/ melalui browser
-Setelahnya, Anda akan disuruh untuk memilih moda transportasi yang nantinya digunakan.
-Pilih menu moda transportasi yang tersedia (kereta api/kapal laut). Khusus moda transportasi bus, pendaftaran via aplikasi Mitra Darat.
-Selanjutnya, klik menu "Pendaftaran".
-Lalu, isi "Form Pendaftaran" yang sesuai identitas yang diminta. Beberapa data yang harus dicantumkan meliputi:

a. Asal dan tujuan perjalanan serta tanggal mudik/balik
b. Informasi data diri peserta serta dokumen pendukung

-Kemudian, informasi tiket nantinya bakal ditampilkan. Setelahnya, Anda bisa melakukan review terhadap data pendaftaran.
-Jika berhasil, resume pendaftaran akan tersimpan dan bisa melakukan verifikasi pendaftaran.

Sebagai informasi tambahan, program mudik gratis Kemenhub 2024 tersebut memiliki kuotanya masing-masing. Silahkan cek secara berkala untuk mengetahui ketersediaannya. Demikianlah ulasan mengenai cara daftar mudik gratis Kemenhub 2024 yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)