Tips MotionTrade: Intip 3 Dampak Aksi Korporasi Private Placement

Rabu, 06 Maret 2024 - 15:36 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Intip 3 Dampak Aksi Korporasi Private Placement
MotionTrade merangkum tiga dampak private placement yang perlu Anda ketahui. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk investasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Berinvestasi di pasar saham harus aktif untuk mengikuti informasi dan perkembangan pasar. Dalam bursa saham terdapat banyak aksi korporasi yang dapat mempengaruhi harga saham dan volatilitas dari saham yang sedang Anda pantau atau bahkan miliki. Salah satu istilah yang ada dalam pasar saham adalah private placement.

Private placement merupakan proses di mana emiten menawarkan dan menjual surat berharga secara langsung kepada investor terpilih, tanpa melibatkan penawaran umum. Dalam private placement, emiten menjual saham kepada investor tertentu, seperti investor bermodal besar, bank, perusahaan modal ventura, atau individu yang diakui secara hukum sebagai investor yang memenuhi syarat.

Aksi private placement tentunya memiliki dampak terhadap harga saham. MotionTrade telah merangkum 3 (tiga) dampak private placement yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Dilusi Kepemilikan
Dilusi kepemilikan merupakan proses di mana kepemilikan pemegang saham yang ada di sebuah perusahaan berkurang akibat dari penerbitan saham tambahan sehingga dapat menyebabkan dilusi kepemilikan bagi pemegang saham yang sudah ada sebelumnya. Hal ini tentunya dapat menurunkan proporsi kepemilikan pemegang saham sebelumnya dan menyebabkan penurunan harga saham.

2. Kepercayaan Investor
Private placement yang sukses dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Jika investor melihat private placement sebagai tanda positif bahwa perusahaan memiliki akses ke sumber pendanaan tambahan dan mendapatkan dukungan dari investor institusional atau profesional, hal ini dapat meningkatkan minat dan kepercayaan investor, sehingga berpotensi meningkatkan harga saham. Namun, apabila ada keraguan tentang niat atau penggunaan dana dari private placement, hal ini dapat menimbulkan ketidakpastian dan menekan harga saham.

3. Penurunan Harga akibat Oversupply
Jika jumlah saham yang diterbitkan melalui private placement terlalu besar dibandingkan dengan permintaan pasar, hal ini dapat menyebabkan oversupply saham yang dapat menekan harga saham karena terdapat lebih banyak penawaran daripada permintaan. Investor yang merasa harga saham terlalu rendah dapat menjual saham mereka, sehingga menyebabkan penurunan harga lebih lanjut.

Itulah dampak private placement terhadap harga pasar. Anda perlu melakukan analisis secara mendalam sehingga mendapatkan hasil investasi yang maksimal. Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)