Dunia Terpecah Belah, Investasi Kini Pakai Pendekatan Pertemanan

Kamis, 07 Maret 2024 - 14:55 WIB
loading...
Dunia Terpecah Belah, Investasi Kini Pakai Pendekatan Pertemanan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan iklim investasi di berbagai negara semakin tertekan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan iklim investasi di berbagai negara semakin tertekan dan mengalami ketidakpastian akibat dunia yang terfragmentasi alias terpecah belah imbas konflik geopolitik dunia.

Menurutnya investasi dunia saat ini tidak lagi berdasarkan profitabilitas melainkan pendekatan lebih kepada teman atau bukan teman. Fenomena itu disebut friend shoring, dimana suatu negara lebih berfokus melakukan perdagangan atau investasi dengan negara mitra terdekatnya secara politik dibandingkan negara lain.

"Tentu kalau kita bicara tentang pembangunan perekonomian, kita tidak terlepas dari kondisi global yang sedang terjadi. Tadi juga sudah disampaikan dalam paparan pendek di awal bahwa kondisi global masih dipenuhi dengan ketegangan geopolitik yang ini tentu makin akan menekan minat investasi," ujar Sri Mulyani saat gelaran BRI Microfinance Outlook 2024, Kamis (7/3/2024).



Masalah lain adalah masih tingginya inflasi global, meskipun sudah mengalami penurunan dibandingkan masa puncaknya, yaitu 2022-2023. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut perkara ini menyebabkan tekanan suku bunga global masih relatif tinggi.

"Ada harapan bahwa suku bunga global, ini maksudnya di negara-negara maju, akan mulai menurun, namun harapan ini akan sedikit di rem," ucap dia.

Di dalam pertemuan G20, lanjut dia, Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed dan Eropa melihat bahwa angka inflasi dunia masih cukup tinggi. Oleh karena itu, kebijakan suku bunga atau policy rate masih menunggu penurunan tren inflasi.

"Mereka akan melihat angka inflasi dan underline faktornya yang masih dianggap cukup tinggi dan bertahan. Oleh karena itu, kebijakan suku bunga mereka policy rate-nya juga mungkin masih harus menunggu sampai bisa diyakinkan inflsdinya bisa turun," tuturnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Ketir-ketir Lonjakan Harga Beras Bakal Kerek Inflasi

Sri Mulyani memandang, suku bunga tinggi dalam jangka waktu yang panjang juga menekan inflasi. Di sisi lain, fragmentasi global ekonomi melalui kebijakan proteksionime juga banyak menekan Purchasing Managers Index (PMI) di berbagai negara.

"Negara-negara seperti di Eropa masih mengalami PMI yang kontraktif. Ini semua lah yang menyebabkan GDP global tahun 2024 masih akan lemah atau belum pulih dibandingkan tahun lalu," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)