Wapres Beberkan Soal Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS

Kamis, 07 Maret 2024 - 16:48 WIB
loading...
Wapres Beberkan Soal Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin merespons wacana program makan siang gratis menggunakan dana BOS. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
TANGERANG - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ikut merespons wacana program makan siang gratis yang menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Wapres menegaskan jika program tersebut bukan menggunakan anggaran pemerintah saat ini. Namun, anggaran pemerintahan terpilih mendatang.

"Soal dana BOS untuk makan siang, saya kira pemerintah itu, anggaran 2025 itu kan yang menggunakan pemerintah yang akan datang, tapi kan penetapannya oleh pemerintah sekarang," kata Wapres usai menghadiri acara di Tangerang, Banten, Kamis (7/3/2024).



Wapres pun mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengatakan jika pembahasan program pemerintahan terpilih untuk antisipasi anggaran.

"Seperti yang dikataka oleh Presiden, bahwa untuk itu maka pemerintah mengantisipasi apa-apa yang menjadi program pemerintah yang akan datang, itu baru nanti akan dimasukan yang mana, itu belum spesifik, kata presiden kan belum spesifik masuk seperti makan siang itu belum, apalagi sampai pada dananya dari mana itu belum," jelasnya.

Meski begitu, Wapres mengatakan jika wacana yang muncul tersebut bukan dari putusan pemerintah saat ini.

"Jadi itu saya kira wacana yang mungkin muncul saja, bukan dari keputusan pemerintah yang sudah menetapkan ini, saya kira belum, perlu diantisipasi secara umum saja. Jadi saya kira belum ada hal-hal yang pasti," pungkasnya.



Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, rencana pembiayaan program makan siang gratis akan bersumber dari dana BOS yang dikelola Kemendikbudristek.

Pemakaian dana BOS untuk kebijakan makan siang gratis ini disampaikan Airlangga saat simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis 29 Februari 2024.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)