Pegadaian Raih Penghargaan Kategori Sustainability di Ajang Penghargaan BCOMSS 2024

Jum'at, 08 Maret 2024 - 15:55 WIB
loading...
Pegadaian Raih Penghargaan Kategori Sustainability di Ajang Penghargaan BCOMSS 2024
Pegadaian menyabet penghargaan bergengsi BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, pada Kamis (7/3/2024). (Foto: Sindonews)
A A A
JAKARTA - PT Pegadaian berhasil menyabet penghargaan bergengsi di ajang BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, pada Kamis (7/3/2024).

Penghargaan ini diberikan atas kontribusi signifikan PT Pegadaian pada bidang Sustainability melalui program inisiatif dan dampak dari tanggung jawab sosial dan pengembangan masyarakat yang inovatif.

Dalam acara bergengsi bagi Insan BUMN yang bertema 'Kemandirian Menuju Indonesia Emas' ini, PT Pegadaian memenangkan kategori Top Contributor BUMN For Sustainability dan Gold Winner untuk kategori BUMN Local Heroes. Kategori ini dinilai langsung oleh para juri profesional pada bidang sustainability, di antaranya Prof. Tirto Prakoso, selaku Tim Smart & Sustainable Campus Forum ITB, serta aktris dan aktivis Lingkungan Hidup Aurelie Moeremans.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, dalam malam puncak perhelatan BCOMSS 2024 yang juga dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Acara yang juga dihadiri oleh Pejabat Kementerian BUMN, Direktur Utama dan Sekretaris Perusahaan, serta Insan BUMN ini menjadi sangat meriah dengan gaung dukungan dari suporter serta penampilan spesial dari penyanyi muda Mahalini dan band kenamaan The Changcuters.

"Alhamdulillah, dua tahun berturut-turut kami mendapatkan juara dari kompetisi BCOMSS, tidak tanggung-tanggung kita mendapatkan Gold untuk kategori Sustainability. Penghargaan ini menjadi pengakuan dari Kementerian BUMN atas kerja keras dan dedikasi seluruh tim Pegadaian dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan," ujar Damar.

Dia mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh Insan Pegadaian atas kesungguhannya untuk ikut berperan aktif dalam setiap program sustainability, baik di internal maupun bagi masyarakat penerima manfaat, serta mampu menyeimbangkan antara aspek komersial dan kebermanfaatan melalui program-program yang bertanggung jawab baik dalam sosial maupun lingkungan.

Dalam kategori BUMN Local Hero, BCOMSS 2024 mengapresiasi kontribusi luar biasa Mina Dewi Sukmawati, selaku Ketua FORSEPSI, yang telah berperan penting dalam pengembangan bank sampah dan pemberdayaan perempuan di Indonesia. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pegadaian dalam mengakui dan mendukung individu-individu yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Pegadaian didapuk sebagai Top Contributor BUMN For Sustainability melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan. Mulai dari perencanaan dan eksekusi hingga monev yang terukur, tentunya penilaian ini termasuk keaktifan, kesungguhan dan keterbukaan untuk berkolaborasi pada setiap program sustainability.

Sebut saja beberapa program unggulannya, seperti Bank Sampah Pegadaian “The Gade Clean & Gold” yang kini sudah memiliki 200 Bank Sampah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pegadaian juga mendukung pendidikan melalui “The Gade Creative Lounge”, sebuah ruang kreatif inovatif bagi para mahasiswa dan civitas akademika yang tersebar di 17 kampus terkemuka di Indonesia.

Mendukung bidang kewirausahaan, UMKM, dan ekonomi masyarakat, Pegadaian memiliki program GadePreneur dan The Gade Sociopreneur, yang tidak hanya memberikan pendidikan dan pelatihan, namun memberikan pembinaan bagi UMKM untuk naik kelas.

Kesuksesan PT Pegadaian dalam BCOMMS 2024 ini menegaskan kembali posisi perusahaan sebagai entitas yang tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada kontribusi sosial dan pengembangan masyarakat.

PT Pegadaian berkomitmen untuk terus menerapkan dan mengembangkan program-program yang dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat, sejalan dengan misi perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0804 seconds (0.1#10.140)