Harga Minyak Jatuh Karena Melemahnya Permintaan

Kamis, 13 September 2018 - 11:46 WIB
Harga Minyak Jatuh Karena Melemahnya Permintaan
Harga Minyak Jatuh Karena Melemahnya Permintaan
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah jatuh pada perdagangan Kamis (13/9/2018) akibat menurunnya permintaan bahan bakar imbas dari ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang berpotensi pada perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Melansir dari Reuters, harga minyak berjangka AS, West Texas Intermediate turun 46 sen atau 0,6% menjadi USD69,91 per barel pada pukul 02:20 GMT. Harga minyak Brent berkurang 38 sen atau 0,5% menjadi USD79,36 per barel.

Ketegangan perdagangan antara dua negara ekonomi besar dunia membuat ratusan perusahaan mendorong lobi bisnis AS untuk mendesak pemerintahan Trump melakukan pembicaraan baru dengan Beijing.

Wall Street Journal mengabarkan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin telah mengundang para pejabat China untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan, di saat Washington akan meningkatkan perang dagang dengan mengenakan tarif tambahan bagi barang-barang China senilai USD200 miliar.

Sementara itu, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memperkirakan permintaan minyak global menyurut pada 2019, imbas dari risiko ekonomi akibat ketegangan perdagangan.

Dalam laporan bulanannya, OPEC mengatakan permintaan minyak dunia pada tahun depan berkisar 1,41 juta barel per hari. Jumlah ini lebih rendah 20.000 barel dari perkiraan bulan sebelumnya.

Meski harga minyak jatuh, namun prospek jangka pendek untuk pasar minyak akan meningkat. Hal ini didorong oleh ekspektasi sanksi AS terhadap ekspor minyak Iran pada November mendatang yang bakal memperketat pasar global.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)