Mulai Besok! KAI Operasikan Kereta Ekonomi New Generation untuk KA Gaya Baru Malam Selatan

Rabu, 13 Maret 2024 - 11:28 WIB
loading...
Mulai Besok! KAI Operasikan Kereta Ekonomi New Generation untuk KA Gaya Baru Malam Selatan
Kereta Ekonomi New Generation akan dioperasikan untuk Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng mulai besok. FOTO/Dok. KAI
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero)/PT KAI akan mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan (106) relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng. Pengoperasian mulai dilakukan pada Kamis (14/3), dan Kereta Api (105) Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen akan dioperasikan mulai Jumat (15/3).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pengoperasian Kereta Ekonomi New Generation mentransformasi KA Gaya Baru Malam Selatan menjadi dua kereta eksekutif, lima Kereta Ekonomi New Generation, satu kereta makan, satu kereta pembangkit, dan satu kereta bagasi.



"Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman," jelas Joni melalui keterangan pers, Rabu (13/3/2024).

Dia mengatakan, KAI terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, secara bertahap diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.



KAI kini kembali melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi New Generation, di mana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet yang menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi. KAI melalui Balai Yasa Manggarai menargetkan di tahun 2024 sebanyak 60 kereta ekonomi jenis long seat berhadapan tegak lurus diganti dengan KA ekonomi modifikasi new generation. Selanjutnya, sebanyak 52 kereta lainnya diganti di tahun 2025.

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," jelasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)