Kantongi Izin Penerbangan, Maskapai Asal Irlandia Siap Beroperasi di Indonesia

Jum'at, 15 Maret 2024 - 21:31 WIB
loading...
Kantongi Izin Penerbangan, Maskapai Asal Irlandia Siap Beroperasi di Indonesia
Perusahaan penerbangan asal Irlandia, BBN Airlines siap beroperasi secara komersial di Indonesia pada tahun ini, menyusul dikantonginya Sertifikat Operasi Udara (AOC) penerbangan komersial penumpang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan penerbangan asal Irlandia, BBN Airlines siap beroperasi secara komersial di Indonesia pada tahun ini. Hal itu menyusul setelah dikantonginya Sertifikat Operasi Udara (AOC) penerbangan komersial penumpang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Chairman BBN Airlines Indonesia, Martynas Grigas mengatakan, targetnya pada tahun ini BBN Airlines Indonesia sudah beroperasi secara komersial melayani rute-rute domestik, dan Internasional seperti ke India dan China. BBN Airlines menyiapkan setidaknya 10 armada pesawat penumpang untuk tahun ini.

"Penumpang kami pakai Boeing 737-800, dengan kapasitas 189 penumpang dalam konfigurasi ekonomi," ujar Grigas saat ditemui di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Lewat pengoperasian 10 armada pesawat penumpang tersebut, BBN Airlines Indonesia menargetkan mampu mengangkut sekitar 2 juta penumpang hingga akhir tahun 2024 mendatang. BBN Airlines Indonesia bakal memberikan pelayanan setingkat medium service atau setara dengan kompetitornya seperti misalnya Pelita Air, Sriwijaya Air, atau armada lain dikelasnya.

Adapun terkait rencana pembukaan rute untuk penerbangan domestik, Martynas mengaku hingga saat ini belum bisa disampaikan secara lebih komprehensif karena masih dalam tahap penyiapan oleh maskapai.

"Mengenai rute masih dalam tahap penggodokan, untuk saat ini belum bisa saya share. Passenger ini baru beberapa hari lalu diterbitkan (izinnya), jadi masih belum bisa share karena semua masih dalam tahap persiapan," ujar Grigas.

Setelah mengantongi AOC dari Kemenhub, BBN Airlines Indonesia bakal membuka layanan penerbangan komersial penumpang yang akan mulai beroperasi pada bulan Maret 2024. Hal tersebut sekaligus memanfaatkan permintaan yang cenderung meningkat jelang hari raya besar seperti Idul Fitri dan musim liburan di Indonesia.

"Pada tahun ini kami targetkan untuk passenger (pesawat penumpang) kami targetkan ada 10 unit, dan untuk tahun-tahun berikutnya tentu akan dikembangkan terus," sambungnya.

Kehadiran BNN Airlines Indonesia di kelas pesawat penumpang bakal membuat industri penerbangan di Indonesia bakal lebih kompetitif. Melihat beberapa maskapai baru juga belakangan hadir, misalnya seperti Pelita Air yang baru beroperasi sejak tahun 2022 lalu. Kemudian TransNusa yang kembali beroperasi setelah pandemi 2020 juga bergerak untuk pengangkutan penumpang.

"Kalau persaingan kita lihat secara rute masih banyak yang belum pulih, jadi kami melihat masih ada banyak peluang rute-rute bisa kita manfaatkan kembali," pungkas Grigas.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)