Pemerintah Juga Gelar Mudik Gratis, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Sabtu, 16 Maret 2024 - 18:00 WIB
loading...
Pemerintah Juga Gelar Mudik Gratis, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya
Kemenhub membuka program mudik gratis menggunakan beberapa moda transportasi, mulai dari bus, kereta api, hingga kapal laut. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka sejumlah program mudik gratis dengan beberapa moda transportasi, mulai dari bus, kereta api, hingga kapal laut. Saat ini, Kemenhub sudah mulai membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendaftar.

Pendaftaran program mudik gratis dari Kemenhub ini bisa dilakukan secara online maupun offline di kantor pusat Kemenhub. Berikut program mudik gratis 2024 yang diselenggarakan Kemenhub yang dirangkum MNC Portal:

1. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sebanyak 722 unit bus untuk program mudik gratis di tahun 2024. Dari sejumlah unit bus tersebut, Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.



Kota Tujuan Mudik dan Balik tahun ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera.

Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat yang hendak mendaftar mudik gratis dengan moda bus mengunduh aplikasi "MitraDarat" di PlayStore atau AppStore pada smartphone. Pendaftaran dapat dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi.

Pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email/akun Google. Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. Jika login sudah berhasil maka akan muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab "event" untuk lihat menu Mudik Gratis.

Untuk melakukan pemesanan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu "Mudik Gratis" pada aplikasi MitraDarat. Lalu pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai. Setelah itu, calon pemudik dapat mengisi data diri. Pemesanan tiket diakhiri dengan meng-klik tombol “Selesaikan Pemesanan”.

2. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Pada tahun ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengadakan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut dengan total kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor. Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada tanggal 5 dan 7 April, sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 April 2024.

Bagi masyarakat yang hendak mengikuti program ini, pendaftaran untuk program Mudik Gratis dibuka mulai tanggal 13 Maret 2024 hingga 7 April 2024 melalui website resmi https://mudikgratis.dephub.go.id/.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)