10 Negara Terkaya di Afrika Menurut PDB Per Kapita pada 2023

Sabtu, 16 Maret 2024 - 17:31 WIB
loading...
10 Negara Terkaya di Afrika Menurut PDB Per Kapita pada 2023
Afrika berpotensi besar meningkatkan ekonominya di tengah ketidakstabilan politik dan ekonomi. Kali ini akan dibahas mengenai 10 negara terkaya di Afrika berdasarkan PDB Per Kapita pada tahun 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Afrika berpotensi besar meningkatkan ekonominya di tengah ketidakstabilan politik dan ekonomi, yang telah menjadi akar penyebab kemiskinan ekstrem pada wilayah tersebut. Kali ini akan dibahas mengenai 10 negara terkaya di Afrika berdasarkan PDB Per Kapita pada tahun 2023.



Afrika adalah rumah bagi beberapa negara termiskin di dunia, padahal sejatinya benua ini kaya dengan sumber daya alam. Mereka memiliki tanah yang subur, satwa liar, hutan, mineral, minyak, hingga gas alam. Bahkan benua Afrika setidaknya menampung 30% cadangan mineral dunia, 8% gas alam dunia, dan 12% cadangan minyak dunia, menurut United Nations Environment Programme (UNEP).

Selain itu Afrika juga memiliki 40% emas dunia dan hampir 90% kromium dan platinum. Dari total lahan subur di dunia, 65% di antaranya terletak di Afrika, dan benua ini memiliki 10% sumber air tawar terbarukan internal planet ini.



Pada sebagian besar negara Afrika, kekayaan alam yang mereka miliki membentuk antara 30% dan 50% dari total kekayaan negara. Sementara 70% penduduk sub-Sahara bergantung pada hutan dan padang pasir untuk mata pencaharian mereka.

Mempertimbangkan potensi kawasan ini, negara-negara Afrika berkembang menyadari pentingnya memanfaatkan sumber daya alam mereka untuk mengangkat ekonomi. 2023 memiliki perkembangan ekonomi yang terbilang bergelombang mengingat adanya risiko geopolitik, inflasi, dan suku bunga tinggi.

Menurut IMF, pertumbuhan ekonomi Afrika Sub-Sahara melambat menjadi 3,3% pada 2023 dibandingkan dengan 4% pada 2022. Indikator ekonomi IMF, memproyeksikan pada tahun 2024 bakal terjadi rebound menjadi 4% dan berharap bakal meluas.

Afrika Sub-Sahara kurang lebih memiliki populasi 1,2 miliar dan hampir setengah dari populasinya akan berusia di bawah 25 tahun pada tahun 2050. Sebuah wilayah dengan sumber daya alam yang kaya dan bonus demografi, membuat Afrika punya potensi untuk menjadi pusat ekonomi global.

Dalam menyusun daftar negara-negara terkaya di Afrika berdasarkan PDB per kapita, dipakai data dari basis data Dana Moneter Internasional (IMF) tentang PDB per kapita global berdasarkan negara. Sedangkan untuk kekayaan negara, menggunakan data dari Credit Suisse's Global Wealth Databook 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)