10 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Paling Ekstrem di Dunia

Rabu, 06 Maret 2024 - 13:36 WIB
loading...
10 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Paling Ekstrem di Dunia
Penelitian terbaru Bank Dunia tentang kemiskinan, menemukan sekitar 8% populasi global hidup dalam kemiskinan ekstrem. Berikut 10 negara dengan tingkat kemiskinan paling ekstrem di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru Bank Dunia tentang kemiskinan , menemukan bahwa sekitar 8% populasi global ternyata hidup dalam kemiskinan ekstrem. Dalam data yang diperbarui pada Oktober 2023, itu menunjukkan berarti ada sekitar 700 juta orang di dunia bertahan hidup dengan penghasilan kurang dari USD2,15 per hari atau setara Rp33.776 (Kurs Rp15.710 per USD).



Menurut laporan Kemiskinan dan Kemakmuran Bersama lainnya yang diterbitkan oleh Bank Dunia pada tahun 2022, hampir seperempat populasi global hidup di bawah garis kemiskinan dengan penghasilan USD3,65 dan berada pada negara- negara berpenghasilan menengah ke bawah .

Selain itu hampir setengah dari populasi global, tepatnya 47% tercatat hidup di bawah garis kemiskinan, yang berada pada negara-negara berpenghasilan menengah ke atas dengan penghasilan USD6,85.

Meskipun skala kemiskinan ekstrem secara global masih luas, namun jumlah orang yang sangat miskin telah menurun secara signifikan selama tiga dekade terakhir. Seperti dilaporkan oleh Bank Dunia, 2 miliar orang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 1990, dan dari tahun 1990 hingga 2019, jumlahnya berkurang menjadi sekitar 700 juta.



Sementara itu ketika angka kemiskinan menurun secara global, tingkat kemiskinan telah meningkat selama beberapa tahun terakhir di beberapa bagian dunia lain.

Misalnya di Amerika Serikat, tingkat Ukuran Kemiskinan Tambahan (SPM), ukuran kemiskinan yang melibatkan pendapatan tunai dan tunjangan pemerintah pada 2022 mencapai 12,4% seperti yang dilaporkan oleh Biro Sensus AS. Dibandingkan dengan tahun 2021, angka tersebut meningkat sebesar 4,6% akibat efek Pandemi Covid-19.

Selain Covid-19, ada beberapa penyebab yang membuat kemiskinan di suatu negara meningkat. Salah satunya adalah perang. Perang dan konflik antar negara selalu datang dengan biaya besar bagi kehidupan warga sipil yang mengungsi dan mereka dipaksa untuk hidup dalam kondisi yang sangat miskin.

Berikut 10 negara dengan tingkat kemiskinan paling ekstrem di dunia, berdasarkan data dari Bank Dunia.

10. Sierra Leone


Tingkat Kemiskinan per 2021: 56,8%

Sejarah tragis konflik dan ketidakstabilan telah membuat ekonomi Sierra Leone berantakan. Tingkat kemiskinan di Sierra Leone dengan nama resmi Republik Sierra Leone, adalah sebuah negara di Afrika Barat, tepatnya di pesisir Samudra Atlantik mencapai 56,80%, menurut Data Bank Dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)