alexametrics

Bangun Pabrik Amunisi

Pindad-Waterbury Teken Kemitraan Senilai USD100 Juta

loading...
Pindad-Waterbury Teken Kemitraan Senilai USD100 Juta
Dirut Pindad Abraham Mose dan President dan CEO Waterbury Farrel Andre Nazarian saat penandatangan MoU di Bali, Kamis (11/10/2018). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - PT Pindad (Persero) menandatangani strategic partnership (kemitraan strategis) dengan Waterbury Farrel dengan nilai investasi USS100 juta untuk pembangunan pabrik amunisi kaliber kecil. Kerja sama tersebut diharapkan meningkatkan volume produksi amunisi Pindad menjadi 350 juta butir per tahun.

Waterbury Farrel merupakan Divisi dari Magnum Integrated Technologies Inc. Kerja sama tersebut dicapai pada ajang International Monetary Fund (IMF)-World Bank Annual Meetings 2018 di Bali. MoU dilakukan antara Direktur Utama Pindad Abraham Mose dan President & CEO Waterbury Farrel, Andre Nazarian.

"Kerja sama ini menggunakan skema Build Operate Transfer (BOT). Harapan di tahun 2019 akhir, kami sudah mencapai penjualan 350 juta butir per tahun. Walaupun sebenarnya itu masih di bawah kebutuhan TNI-Polri yang kurang lebih sekitar 500 juta butir per tahun," ujar Abraham dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/10/2018).

Menurut Abraham, kemampuan Pindad untuk memproduksi amunisi paling tidak 350 juta per tahun, bisa mempengaruhi pendapatan Pindad Rp1,4 triliun per tahun. Serta melakukan substitusi impor kurang lebih Rp342 miliar per tahun.

Kerja sama itu, kerja dia, dakam rangka mengembangkan fasilitas lini produksi amunisi kaliber kecil yang berlokasi di Indonesia. Membangun program bisnis sebagaimana dalam Undang-Undang No 16 Tahun 2012 untuk memenuhi kebutuhan TNI dan membangun kemampuan serta kemandirian industri pertahanan di masa yang akan datang.

"Selain itu, untuk memaksimalkan kemampuan serta meningkatkan operasional dan menjamin bahwa kerja sama ini dapat meningkatkan kemandirian Indonesia. Kami terus berusaha membangun bisnis amunisi yang kompetitif secara internasional," jelasnya.

Pelaksanaan dari kerja sama akan didasarkan pada kontribusi utama Pindad yang akan menyediakan wilayah manufaktur dan keahlian tenaga kerja. Sementara Waterbury yang akan menyediakan lini produksi amunisi, menjamin produk berkualitas tinggi dan harga bersaing untuk pasar Indonesia dan internasional.

Kedua perusahaan akan menggabungkan kemampuan dalam kerja sama ini. Waterbury merupakan industri terkemuka dan penyedia amunisi lengkap dan pabrikan rolling mill, memiliki keahlian dalam peralatan untuk membentuk logam, rolling dan produk-produk industri pertahanan. Waterbury mengantongi lebih dari 160 tahun keahlian dan pengalaman di seluruh dunia.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak