Aturan Rekrutmen BUMN 2024 Bagi yang Sudah Ikut Sebelumnya

Jum'at, 22 Maret 2024 - 15:40 WIB
loading...
Aturan Rekrutmen BUMN 2024 Bagi yang Sudah Ikut Sebelumnya
Peraturan para peserta yang gagal di tes terakhir Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) memastikan para peserta yang gagal di tes terakhir Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023, tetap mengikuti seluruh tahapan seleksi RBB tahun ini.

Ketua FHCI BUMN, Alexandra Askandar, mengatakan pihaknya memberikan kesempatan yang sama untuk semua peserta. Karena itu, mereka yang nyaris lolos dalam Rekrutmen Bersama BUMN tahun lalu tetap wajib mengikuti semua tahapan tes di tahun ini.

"Kesempatannya akan diberikan sama seperti pendaftar yang lain jadi akan mengikuti tahapan seleksi sesuai dengan ketentuan RBB," ujar Alexandra saat konferensi pers, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2024).



Adapun, Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dilakukan secara serentak. Adapun program ini akan dibuka, Sabtu (23/3/2024). Tercatat, ada 688 jenis pekerjaan yang dibuka oleh 110 perusahaan pelat merah.

Sedangkan, kuota orang yang akan diterima pada Rekrutmen Bersama BUMN 2024 mencapai 1.830 posisi.

Senada, Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, menyebut meski peserta yang nyaris lolos di tahun lalu tak akan diutamakan pada RBB tahun ini, namun mereka berkesempatan direkrut langsung oleh BUMN yang membutuhkan.

“Daripada melakukan open recruitment dari awal, mending yang ini, teman-teman talenta yang sudah final tahun lalu, dari sini saja pool-nya. Sehingga sudah mengalami tes-tes yang di awal itu. Ini salah satu kelebihan atau benefit dari RBB. FHCI sudah kita sampaikan begitu,” papar Tedi.



Tak hanya itu, peserta yang pernah mengikuti tahapan seleksi RBB 2023 tak perlu mengisi data dirinya lagi tahun ini. Sebab, data dirinya sudah tersimpan dalam profil akun situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

“Paling tidak kita meningkatkan user experience di mana yang tahun sebelumnya sudah mengikuti, tidak perlu mengisi data atau profil dari awal, karena datanya sudah ada. Tinggal dicoba lagi untuk rekrutmennya. Jadi user experience lebih baik,” beber dia.

Data peserta yang nyaris lolos itu ditampung oleh FHCI. Bagi BUMN yang sedang mencari talenta dengan kualifikasi spesifik, bisa mencarinya melalui data yang ditampung FHCI.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4596 seconds (0.1#10.140)