Hari Belanja Diskon Indonesia Sudah Dimulai, Simak 5 Hal Ini Biar Engga Kalap

Minggu, 16 Agustus 2020 - 08:09 WIB
loading...
Hari Belanja Diskon Indonesia Sudah Dimulai, Simak 5 Hal Ini Biar Engga Kalap
Perancang Keuangan mengatakan, jika tidak bisa mengendalikan nafsu belanja akan membuat kondisi keuangan Anda tekor, ini tipsnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 yang digelar hingga 30 Agustus 2020 menawarkan 300 brand secara offline dan juga didukung berbagai marketplace. Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, program belanja diskon Indonesia memang sangat baik untuk mendorong daya beli masyarakat. Namun jika tidak bisa mengendalikan nafsu belanja akan membuat kondisi keuangan Anda tekor.

(Baca Juga: 7 Tips Hemat Uang Belanja di Tengah Pandemi Corona )

"Banyak para pelaku bisnis yang bersaing untuk mendapatkan banyak konsumen dengan menggunakan beragam cara bujuk rayu. Tapi kalau kita engga kendalikan nafsu belanja bisa kantong bakal habis," ujar Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta.

(Baca Juga: 5 Langkah Atur Keuangan Pribadi di Era New Normal )

Berikut 5 cara biar enggak kalap belanja saat diskon :

1. Menulis Daftar Belanja yang Menjadi Prioritas

Beberapa orang yang datang ke pusat perbelanjaan tanpa menulis daftar belanja terlebih dahulu. Hal ini tentunya seringkali membuat kita menjadi kalap saat memilih barang yang ingin kita beli. Alhasil, barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan justru kita beli. Nah untuk itu alangkah baiknya membawa catatan belanja agar bisa menentukan belanja yang dibutuhkan.

2. Pisahkan Uang Sesuai Kebutuhan

Pisahkan sebagian uang yang kamu miliki sesuai kebutuhan. Misalnya, pisahkan antara uang untuk belanja kebutuhan dapur dan uang cadangan. "Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak boros dan mengetahui sudah berapa banyak pengeluaran yang telah kamu gunakan," katanya

3. Batasi Transaksi di Nominal Tertentu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)