7 Tips Hemat Uang Belanja di Tengah Pandemi Corona

Sabtu, 25 April 2020 - 16:11 WIB
loading...
7 Tips Hemat Uang Belanja di Tengah Pandemi Corona
aka di tengah wabah yang berkepanjangan dibutuhkan pengelolaan keuangan sehingga mampu bertahan lebih lama terlebih saat memasuki bulan Ramadhan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Akibat gangguan distribusi saat pandemi corona atau Covid-19 telah membuat beberapa komoditas bahan pokok mengalami kenaikan, sebut saja gula pasar hingga bawang merah. Maka di tengah wabah yang berkepanjangan dibutuhkan pengelolaan keuangan sehingga mampu bertahan lebih lama terlebih saat memasuki bulan Ramadhan.

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, pengeluaran rumah tangga biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup yang terlalu berlebihan. Pasalnya banyak cara menghemat uang dalam rumah tangga yang bisa dilakukan setiap hari.

" Jadi bagi ibu rumah ta gga bisa melakukannya mulai dari bujet makan, minum, hingga pengeluaran buat hiburan," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Berikut cara menghemat uang belanja:

1. Menyusun Anggaran

Selalu buat anggaran dan patuhi. Menyusun anggaran penting karena semua acuan pengeluaran berawal anggaran. Dahulukan membayar tagihan terlebih dahulu seperti listrik, cicilan rumah, asuransi, pendidikan, tabungan dan belanja bulanan.

2. Belanja Sayur di Pasar Tradisional

Belanja sayur dan ikan segar di pasar tradisional akan menghemat uang belanja sampai dengan 30% dari pasar modern. Sebagai contoh kangkung di pasar tradisional hanya Rp1500-Rp2000 rupiah saja satu ikat.

3. Masak Sendiri

Masak sendiri bisa menghemat sampai dengan 50% dari pada membeli makanan matang dari rumah makan. Tanpa mengurangi kandungan gizi, gunakan daging, seafood dan ayam sebagai bahan makanan tambahan dalam menu sehari-hari. "Pilih bahan yang mana murah jangan pilih bahan yang harganya mahal," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)