Rahasia Bisnis Lokal Meraih Untung di Tengah Kenaikan Harga Saat Ramadan 2024

Rabu, 27 Maret 2024 - 13:16 WIB
loading...
Rahasia Bisnis Lokal Meraih Untung di Tengah Kenaikan Harga Saat Ramadan 2024
Sesuai dengan data dari Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang mengungkapkan kenaikan permintaan diantara peritel sebanyak 30 persen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan software enterprise resource planning (ERP) asli Indonesia, Ukirama mencatat kenaikan permintaan konsumen yang signifikan selama Ramadan 2024 ini dibanding beberapa tahun ke belakang. Ini sesuai dengan data dari Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang mengungkapkan kenaikan permintaan diantara peritel sebanyak 30%.

“Customer kami, terutama di bidang makanan dan minuman, mengantisipasi lonjakan permintaan sekitar 30 persen. Di momen Ramadan dan Lebaran ini, sistem atau software bisnis seperti ERP jadi sangat penting,” ujar Direktur Ukirama, Kevin Eka Putra.



Perusahaan- perusahaan ritel pun berpotensi meraih keuntungan dengan pengelolaan stok yang baik, salah satunya lewat penggunaan aplikasi ERP. software bisnis ERP memudahkan perusahaan melakukan trend forecast (prakiraan tren) atas permintaan konsumen berdasarkan data dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga stok dan cash flow bisa dipersiapkan. Bisnis ritel dan distributor juga bisa mengatasi pergerakan stok bahan baku dan barang yang bertambah cepat, menggunakan fitur manajemen gudang (supply chain) dari ERP.

Ukirama mencatat bahwa di tahun 2023, ada banyak perusahaan yang mengungkapkan lonjakan order di minggu kedua bulan puasa. Kenaikan permintaan yang datang “terlambat” ini bisa diatasi dengan adanya sistem ERP yang mampu memonitor penjualan secara real time di setiap cabang. Untuk tahun 2024 ini, kenaikan permintaan berbagai komoditas terbilang wajar karena sudah terdeteksi satu bulan sebelum Ramadan.



Kenaikan harga dan permintaan di bulan puasa ini juga tercermin dari harga bahan pokok seperti beras. Terlebih lagi, di tahun 2024 ini kenaikan permintaan diperkirakan lebih tinggi dibanding tahun 2023 maupun 2022, karena daya beli masyarakat yang membaik sejak pulih dari dampak pandemi.

Sejak 2016, Ukirama terus membuat inovasi dengan menghadirkan software ERP yang canggih, mudah digunakan, serta didukung tim support yang andal. Dengan modul-modul seperti dashboard business intelligence, inventory management, manufacturing, hingga payroll, Ukirama ERP saat ini sudah digunakan oleh ratusan perusahaan dan ribuan user di Indonesia dari berbagai industri seperti retail, jaringan restoran dan kafe, manufaktur, retail, kontraktor, hingga distributor.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)