Cerita Sukses UMKM Asal Bogor, Bikin Bisnis Susu Kedelai Jadi Naik Kelas

Sabtu, 30 Maret 2024 - 18:25 WIB
loading...
Cerita Sukses UMKM Asal Bogor, Bikin Bisnis Susu Kedelai Jadi Naik Kelas
Berkembang dengan suntikan modal dari KUR BRI, Istri pensiunan tentara Agus Murtini, mampu membawa bisnis susu kedelai menjadi naik kelas dengan mengusung brand Soya Ayu Pak Mien. Foto/Dok
A A A
BOGOR - Istri pensiunan tentara Agus Murtini, mampu membawa bisnis susu kedelai menjadi naik kelas dengan mengusung brand "Soya Ayu Pak Mien". Berawal dari 2019, Ia melihat pola bisnis susu kedelai yang umumnya dijajakan di warung-warung kelontong cukup menjanjikan.



Namun kemasan dan rasa susunya masih cukup standar, meski punya kandungan cukup baik bagi yang mengonsumsinya. "Pola bisnisnya bagus. Namun, kemasan di plastik dan rasanya kurang cocok buat saya," ucap Agus Murtini saat ditemui SINDOnews, belum lama ini.

Cerita Sukses UMKM Asal Bogor, Bikin Bisnis Susu Kedelai Jadi Naik Kelas


Kemudian wanita berambut pendek itu mulai meracik olahan kedelai dengan beragam rasa yang dapat diterima masyarakat luas serta lewat kemasan kekinian. Dalam proses penentuan rasa dan kandungan dalam susu kedelainya, dia turut melibatkan para pakar dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Butuh waktu sampai satu tahun untuk menemukan resep terbaik yang digunakan sampai saat ini," ucapnya.



"Soya menggunakan bahan baku berkualitas tinggi. Itu untuk menghasilkan susu kedelai yang terbaik dan menggunakan kemasan botol higienis" tambahnya.

Menurutnya, Soya Ayu menggunakan kedelai non-GMO (Genetical Modified Organism). Kedelai itu lewat pembudidayaannya tanpa menggunakan rekayasa genetika yang membuat bahan bakunya premium.

"Produk susu kedelai saya lebih creamy dan kental. Itu pembeda dengan susu kedelai lainnya," ucapnya.

Berkembang dengan Suntikan Modal KUR BRI

Agus Murtini mengatakan, menjadi pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) memang butuh tambahan modal. Oleh karena itu, dia memanfaatkan kredit usaha rakyat atau KUR BRI .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3537 seconds (0.1#10.140)