Cihuy, Besok BI Luncurkan Uang Baru Khusus HUT ke-75 RI

Minggu, 16 Agustus 2020 - 16:16 WIB
loading...
Cihuy, Besok BI Luncurkan Uang Baru Khusus HUT ke-75 RI
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ada yang baru dalam perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 pada 17 Agustus besok. Menariknya, Indonesia akan meluncurkan Uang Rupiah Khusus yang akan dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan.

Deputi Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan, Gubernur BI Perry Warjiyo yang akan memberikan pengumuman mengenai jenis uang baru seperti apa yang akan diluncurkan.

"Nanti pak gubernur besok yang bakal umumkan jenis uangnya. Tunggu saja," kata Onny saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (16/8/2020). (Baca juga: Erick Thohir: Daripada Buang-buang Uang ke Negeri Orang, Kenapa Gak Bantu Rakyat )

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana tersebut. "Iya nanti ibu Menkeu juga akan hadir meluncurkan pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia," jelasnya.

Adapun, berdasarkan undangan yang diterima media, acara peresmian pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI itu akan dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Senin (17/8) besok. (Baca juga: Sambut Hari Kemerdekaan, KAI Daop 1 Tambah 13 Perjalanan Kereta Api )

Acara peluncuran itu sebagian juga dilakukan secara virtual untuk para undangan. Uang tersebut nantinya juga akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual sebagai Token of Appreciation (ToA).

Mengutip penjelasan BI, Uang Rupiah Khusus adalah uang yang secara khusus dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)