Bukti MIND ID Mainkan Peran Jadi Juru Kunci Hilirisasi Tambang RI

Senin, 01 April 2024 - 19:31 WIB
loading...
Bukti MIND ID Mainkan Peran Jadi Juru Kunci Hilirisasi Tambang RI
Upaya proaktif BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk menjadi ‘juru kunci’ bagi kesuksesan hilirisasi pertambangan di dalam negeri mendapat apresiasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Upaya proaktif BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk menjadi ‘juru kunci’ bagi kesuksesan hilirisasi pertambangan di dalam negeri mendapat apresiasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Hal tersebut semakin nampak dari keberhasilan holding dalam menyelesaikan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. Lewat arahan pemerintah, MIND ID akan segera menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan nikel terintegrasi tersebut.



Anggota Komisi VII DPR RI, Nasyirul Falah Amru menyampaikan, upaya MIND ID meraih saham mayoritas di Vale, merupakan wujud komitmen memastikan hilirisasi sukses, sebab PT Vale Indonesia ini adalah produsen nikel matte yang bermanfaat bagi pembangunan ekosistem kendaraan Listrik

Selain itu, MIND ID juga sedang mengawal penuntasan proyek Smelter Grade Alumina (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Infrastruktur ini akan melengkapi proses penghiliran bijih bauksit hingga menjadi produk alumina.



Proyek ini dimiliki bersama oleh dua anggota holding yakni PT Inalum dan PT Antam Tbk lewat pembentukan PT Borneo Alumina Indonesia. Nantinya hasil alumina dikirim ke Sumatra Utara untuk dilebur oleh Inalum menjadi logam aluminium

Anggota Holding lainnya yakni PT Freeport Indonesia juga terus mengebut progres pengerjaan proyek smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur. Fasilitas pengolahan dan pemurnian ini ditargetkan mulai beroperasi pada Juni 2024.

“Bukti-bukti tersebut menunjukkan MIND ID telah memainkan peran sebagai ‘juru kunci’ bagi kesuksesan hilirisasi industri pertambangan Indonesia. Maka, kita patut optimistis, dan mengawal proses hilirisasi dibawah naungan MIND ID hingga menuai kesuksesan di masa depan,” ujar Falah Amruh.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengungkapkan, bahwa MIND ID bersama Anggota Grup terus konsisten untuk mengelola produk pertambangan mineral dan batu bara secara berkelanjutan untuk bangsa dan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)